Walkthrough Final Fantasy 2 Origins PSX

Walkthrough Final Fantasy 2 Origins PSX
Andrian's Blog - Pada kesempatan kali ini saya akan kembali membagikan walkthrough game. Walkthrough kali ini adalah walkthrough final fantasy 2 origins bahasa indonesia lengkap sampai tamat. Game ini tidak hanya bisa dimainkan di PSX saja namun juga bisa pada GBA.
Baca Juga : Walkthrough Final Fantasy 1 Origins Bahasa Indonesia
WALKTROUGH
Pada awal permainan sobat disuruh memasukkan nama untuk keempat karakter. Nama default mereka adalah Firion (Frionel), Maria, Gus(Guy) dan Leon(Leonheart), Sobat juga bisa menggantinya jika mau. Saya akan menggunakan nama versi US , untuk menulis walktrough ini berdasarkan Final Fantasy Origins PSX. 

Permainan diawali oleh pelarian Firion cs, kemudian mereka akan dihadang 4 Black Knight, sobat pasti akan kalah di sini. Mereka berempat kemudian akan diselamatkan oleh Princess Hilda. Setelah Firion sadar, ia akan bertemu dengan Maria dan Gus diluar ruangan, namun Leon tidak ada di sini. Mereka bertiga akan menemui Princess Hilda. Bicaralah dengannya untuk mendapatkan keyword 'Wild Rose'. Ia juga menyarankan untuk mencari Leon di Fynn.
Note : Untuk melihat world map, tahan tombol select dan tekan bulat. Bisa pula dengan cara sebaliknya.
Bicaralah dengan orang-orang  yang ada di sini untuk mendapat informasi, dan ambil item potion di dalam peti. Setelah itu, bekelilinglah di luar Altair, cari encounter dan tingkatkan status karakter sobat. Saya sarankan untuk Firon tingkatkan status weapon swordnya, untuk Gus Axe dan Maria staff atau bow. Beli equipment, juga beberapa magic scroll, dan tingkatkan setidaknya untuk Maria, lihatlah cara meningkatkan status di atas. Pulihkan diri di inn jika HP/MP sobat sudah cukup tinggi. Setelah ini pergilah ke Gatrea, desa di utara Altair. Bicaralah dengan para penduduk. Lalu keluarlah. Fynn ada di utara Gatrea, di seberang danau. Berputarlah lewat jembatan di barat untuk mencapainya. 

Fynn saat ini dipenuhi dengan prajurit Imperial dan monster, Jangan bicara dengan prajurit Imperial atau sobat harus melawan mereka. berjalanlah ke sisi utara kota, berputar ke kanan menyusuri tembok kota agar sobat bisa mencapai bar di sisi kanan tembok kota. Bicaralah dengan Master bar, gunakan keyword 'Wild Rose' agar ia memberitahu jalan rahasia. berjalanlah lewat dinding dimana ia berdiri tadi untuk mencapai ruangan rahasia, ambil item 3 potion di dalam peti. Lalu bicaralah dengan Scott, Prince Kas'ion, ia akan menyuruh sobat menyampaikan pesan untuk Gordon dan King. Ia juga akan memberi sobat key item 'Ring' sebelum ia meninggal.

Kembalilah ke Altair dan bicara dengan Gordon, tunjukkan key item Ring tadi padanya. Kemudian kembali ke Rebel's Hideout, tunjukkan key item Ring pada Princess Hilda. Ia akan memintam sobat mencari Mythril, Untuk itu sobat harus menemui orang yang bernama Josef di Salamand. Tanyakan tentang mythril padanya. Bicaralah dengan King. Lalu bicaralah dengan Mindu sampai ia bergabung dengan tim dan sobat akan mendapat key item 'Canoe'. Dengan Canoe, sobat bisa melintasi sungai dan danau keuntungan dari menggunakan canoe sobat tidak akan mendapatkan encounter.

Kemudian bicaralah dengan para pemberontak sebelum pergi. Kini pergi ke utara sampai menemukan danau dan lintasi danau itu ke timur sampai sobat mencapai kota Paloom. Bicaralah dengan pria di dekat pintu masuk dan bayar 32 gil untuk berlayar ke Poff. Lalu keluar dan masuki kapal untuk ke Poff.

Di Kota Poff sobat bisa menemukan Cid di Pub. Jika sobat membayar pada asistennya, sobat bisa menggunakan airship di luar untuk pergi ke tempat tujuan Namun sebaiknya jangan, kecuali sobat ingin memiliki uang yang lebih.

Pergilah ke Salamand di barat laut Poff. Belilah equipment di sini. Temui orang yang bernama Josef di salah satu rumah di kanan atas, ia akan meminta sobat membebaskan para penduduk kota ini yang di tawan di gua yang berada di belakang Semmit Falls.

Pergi ke selatan dan temukan Semmit Falls Cave, sebuah gua di dekat air terjun, untuk mencapainya sobat bisa mengunakan canoe. Di dalam gua terdapat beberapa item yaitu, ambil item 10 gil dan 200 gil di lantai pertama. Di B2, ambil item Eye Drops dan 2 potion, Kemudian masuki pintu paling kiri. Di B3, ambil item 1 gil dan 50 gil. Masuki pintu paling kanan, dan bicaralah dengan Pavel. Lanjutkan setelah ia membawa semua tawanan pergi. Di B4, ambil item Fire Scroll. Berikutnya di 5F, ambil item Warp lewati di pojok kanan atas, lawan Spiketoise, serang dengan magic ice. Lalu masuki sebuah ruangan dan lawan Sergeant, serang ia dengan magic. Setelah menang, ambil item Mythril di dalam peti. Kemudian keluar dari tempat ini dan kembali ke Salamand.

Bicaralah dengan lagi dengan Josef lalu kembali ke Altair. Temui Princess Hilda, Kemudian pergi lagi ke weapon shop dan berikan mythril pada Tobul. ia akan membuat senjata dan equipment dari mythril dan Sobat bisa membelinya di toko tersebut.

Bicara lagi dengan Princess Hilda, tanyakan tentang Dreadnough dan Airship. Kemudian pergi lagi ke Poft, Sobat bisa menyewa Airship dengan Cid untuk ke Bafsk atau berjalan kaki ke sana. Bicaralah dengan prajurit di kiri bawah, ia adalah salah satu mata-mata dari Princess Hilda. Tanyakan tentang Dreadnough, Lalu pergi ke pojok kiri bawah kota, masuk ke sebuah tangga untuk menuju Bafsk Cave.

Di Bafsk Cave ambil item Long sword dan Long bow, kemudian naik ke 1F. Di ujung jalan sobat akan bertemu seorang Dark Knight, ia akan pergi setelah mengancam sobat. Ternyata Dreadnough telah selesai dibuat. Kembali ke Bafsk cave, ambil key item 'Pass' di ruangan sebelah kanan pintu keluar, lalu gunakan teleport untuk keluar dari tempat ini.

Kembali ke Altair, Saya sarankan lepaskan semua equipment yang di pakai Mindu dan Temuilah Princess Hilda, Mindu akan meninggalkan tim. Bicara lagi dengan Hilda, lalu pergi ke Poft.

Di poft temuilah Cid, tanyakan tentang Dreadnough dan Sun Fire padanya. Kembali lagi ke Altair, tanyakan tentang Sun Fire pada Princess Hilda. Tanyakan hal yang sama dengan Mindu dan King, ia akan memberitahu tentang Goddess's Bell. Tanyakan tentang Goddess's Bell pada Princess Hilda, ia akan menyuruh sobat menemui Josef. Jual semua equipment yang tidak diperlukan.

Pergi ke Salamand dan temuilah Josef, tanyakan tentang Goddess's Bell. Ia akan bergabung dengan tim. Selanjutnya sobat harus pergi ke Semmit Falls lagi dan periksa dinding di pojok kanan atas di area dimana ada sebuah batu berwarna biru, Josef akan menekan tombol untuk membuka pintu rahasia. berjalanlah lewat sana untuk menemukan Snow craft.

Sebelum melanjutkan perjalanan pastikan Maria sudah menguasai magic Ice dengan level cukup tinggi. Kemudian pergi ke area barat laut Salamand untuk memasuki area es yang dikelilingi oleh pengunungan. Gunakan Snow Craft untuk melintasi area bersalju menuju Snow Cavern di timur.
Note : Tekan Bulat dan X sebanyak 15 kali saat menggunakan Snow Craft untuk memainkan mini game.
Di Snow Cavern ambil item 100 gil dan 150 gil di B1. Lalu turunlah terus sampai B3, ambil item Notus. Jalan ke kanan atas dan naik ke B2, ambil item Notus, Jalan lagi ke kanan atas untuk naik ke B2. Ambil item Battle Axe, Antidote dan Mythril Mace, sobat diakan dihadang 6 Grenade, lawan dan kalahkanlah. Lalu kembali ke B3 dan turun lewat tangga di kiri bawah. Di B4, ambil item Ice Scroll, 2 Potion dan Mythril Spear. Turun ke B5, ambil item Mythril Shield dan Ancient Sword, Lawan 2 Shadow dan 2 Ghoul di sini. Masuki ruangan di kanan bawah. Di ruangan ini penuh dengan Giant Beaver, Bicaralah dengan pemimpinnya, tanyakan tentang Goddess's Bell. Jalan lagi ke kanan menembus jalan rahasia di dinding, ambil item Silver Plate. Di sini sobat akan melawan bos Adamantoise (HP:450) Kelemahan Magic Ice. Seranglah ia dengan magic Ice. Ancient Sword dapat digunakan untuk menimbulkan status curse padanya. Setelah menang, ambil item Goddess's Bell, lalu lewati jalan rahasia yang muncul di depan, Sobat akan tiba di B1. Sebelum mau keluar sobat akan dihadang Borghen (HP:240). Setelah mengalahkannya. Ikuti cerita/event dimana sobat akan kehilangan Josef setelah mengorbankan dirinya untuk menghalangi batu besar. Setelah itu kembali ke Altair dan melaporlah pada Princess Hilda.

Misi Selanjutnya adalah ke Castle Kas'ion. Sobat bisa berjalan kaki ke sana, namun sebaiknya sobat menyewa Airship untuk ke sana karena perjalanan kesana cukup jauh.

Di ruangan awal kastil, gunakan Goddess's Bell untuk membuka pintu. Naik ke 2F, Di sini sobat akan bertemu dengan Prince Gordon dan ia pun akan bergabung. Lalu jalan ke kanan dan turun ke 2F. Ambil item 300 gil di sini. Di 3F, ambil item Gold Shield, Sebelum itu lawan 4 Wererat. Di 4F masuki sebuah ruangan kecil di tengah area untuk mendapat key item Werebane, Mythril Axe dan Mythril Sword. Lalu naiki tangga di kiri. Di 5F, ambil item Golden Mail di peti, lawan 4 Mine. Turun lagi lewat tangga di kiri bawah untuk turun ke 4F. Masuki ruangan dan lawan Shrieker (HP:540). Jangan menyerang dengan magic karena ia kuat dengan semua magic. Equipkan Ancient Sword untuk menimbulkan status curse padanya, setelah itu ganti ke senjata terkuatmu dan serang dengan serangan fisik. Setelah menang, ambil key item Egil's Torch. Kembali lagi ke 1F dan gunakan Egil's Torch pada Sun Fire atau api unggun yang sobat lihat tadi sebelum masuk.

Setelah keluar dari Castle, Sobat akan melihat sebuah Airship yang ditangkap oleh Dreadnough. Jalanlah ke selatan, Cari Chocobo Forest. Tangkap seekor Chocobo, dan tunggangi untuk kembali ke Altair untuk memulihkan diri.
Note : Jika sobat sudah menunggangi Chocobo sebaik jangan turun sebelum sampai ditempat tujuan karena chocobo setelah ditunggangi akan lari.
Setelah megetahui lokasi dimana Dreadnough mendarat. Dreadnough berada di sebuah tanjung di utara Fynn, untuk mencapai lokasi Dreadnough sebaiknya sobat kembali ke Castle Kas'ion dengan menyewa Airship lalu tangkap lagi seekor Chocobo, lalu tunggangi ke lokasi dimana Dreadnough berada.

Setelah masuk di Dreadnough tunjukkan Pass pada penjaga agar sobat bisa memasuki tempat ini. Dan harus di ingat juga untuk tidak berbicara dengan prajurit yang berapada di sini atau sobat akan menghadapi pertempuran berat dengannya. Turun ke B2, tembus dinding di sebelah kiri untuk mengambil item Crescent Sword setelah itu lawan Warlock, Sergeant dan Mage.

Kembali ke 1F. Ambil 400 gil di pojok kanan atas, terus ke kanan dan masuki ruangan di kanan atas, turun ke 2F. Ambil item Shade Bow, Thief's Glove dan 2 Potion. Bebaskan Princess Hilda dan Cid, lalu bicara dengan mereka sampai mereka pergi.

Kembali lagi ke 1F. Kini turun lewat tangga di kanan bawah. Turun terus sampai 4F. Ambil item Trident, Main Gauge dan Ice Shield, lawan Hill Gigas dan Warlock. ambil item Titan Helmet. Naik ke 3F, lalu turun sampai ke 5F. Lewati jalan yang tidak diblok oleh prajurit, sampai sobat bisa mencapai ruangan di tengah.

Periksa mesin, lalu gunakan Sun Fire untuk meledakkan mesin itu. Setelah kehancuran Dreadnough, secara otomatis sobat akan kembali ke Altair. Temui King ia akan menyampaikan pesan terakhirnya sebelum ia meninggal.

Temui Gordon, tanyakan tentang Dragoon dan Wind Drake. Lalu pergi ke Paloom dan bicaralah dengan Leila. Lalu keluar dan naiki kapal di timur.
Di tengah laut sobat akan melawan 8 Pirates kalahkan meraka semua lalu Leila akan bergabung dengan tim.

Tujuan Selanjutnya adalah Deist yang terletak di timur Bafsk (Lihat Word Map). Masuki Deist Castle dan bicara dengan anak-anak yang ada di sana, lalu ikuti ia ke lantai atas dan bicara dengan ibunya (Elena). Tanyakan tentang Wind Drake. Jelajahi tempat ini dan ambil item-item yang ada di sini. Lalu pergi ke Deist Cavern, gua di utara. Ambil item 30 gil, lalu turun lewat tangga di kanan atas. Di B2, periksa Dragoon's Corpse untuk mendapat Dragon's Pendant.

Kembali lagi ke Deist Castle dan bicaralah dengan Wind Drake. Tanyakan tentang Wind Drake, ia akan menitipkan Dragon Egg. Pergi lagi ke Deist Cavern. Mula-mula turun lewat tangga di kiri bawah. ambil item potion, lalu turun sampai B5. Ambil item Knight's Armor, lawan 3 Adamantoise. Ambil juga Saint's Spirit, Flame bow dan Sage's Wisdom. Kembali ke B1. Turun ke B2 lewat tangga di kanan bawah. Ambil item Mythril Mail dan Mythril Helm, juga Mage's Staff, lawan 3 Screamer. Ada 2 tangga di sini, turun lewat tangga di tengah. Di B3, ambi iteml Mythril Gloves dan Mythril Mirror. Kembali ke B2. Turun ke B3 lewat tangga di kiri bawah. Ambil item Mythril mail, lalu turunlah ke B4. Catatan: Jangan melintasi jembatan, atau sobat akan jatuh ke B4 di jalur kiri bawah tadi, dan harus mengulangi langkah. Di B4 ambil item Acid Bottle, lalu turun ke B5. Masuki pintu ketiga dari kiri, lawan 3 Chimera (HP:640). Kalahkan meraka semua setelah menang, tempatkan Dragon Egg di Sacred Spring.

Kemudian keluar dari sini dan kembali ke Deist Castle, Bicaralah lagi dengan Elena. Lalu kembali ke Altair.

Temui Princess Hilda di dalam kamar, ia akan berubah menjadi Lamia Queen (HP:1290). Equipkan Crescent Sword untuk mempermudah pertempuran. Setelah itu seorang prajurit akan mengabarkan tentang turnamen di Palamecia dengan hadiah Princess Hilda.

Gordon akan menggantikan Laila untuk bergabung dengan tim sobat. Palamecia terletak di selatan Kas'ion. Sobat bisa menangkap Chocobo di hutan di selatan Kas'ion dan tunggangi melintasi gurun untuk mencapai Coliseum di dekat hutan.

Setelah sampai Temui Emperor lalu lawan Behemoth (HP:1620). Setelah mengalahkannya sobat akan ditangkap. Periksa pintu sel, Pavel akan datang dan menolong sobat. Disini ambil item Antidote, lawan 3 Deathbringer dan 1 Splinter. Di sebuah ruangan juga ada item Elixir, Ether dan Cottage. Masuki ruangan di kanan atas, naiklah ke B1 dan bebaskan Princess Hilda, Gordon akan membawanya pergi. Naik ke 1F lewat tangga di kiri bawah. Keluar dari sini dan kembali ke Altair.

Bicaralah dengan penjaga di pintu masuk kota, lalu pergi ke tenda di dekat Gatrea. Temui Princess Hilda dan Gordon, lalu pergi ke Castle Fynn, di sini Leila akan bergabung kembali. Naiki tangga tengah, di 2F ambil item Aura Scroll (Lawan 3 Sorcerer) dan Potion (Lawan Monster). Lanjutkan ke ruang tahta dan lawan Bossnya, Gottos (HP:2000). Setelah mengalahkannya, kastil ini telah direbut kembali dan semua monster menghilang.

Bicaralah dengan Princess Hilda, tanyakan tentang Mysidia dan Mask. Lalu Bicaralah juga dengan Gordon dan tanyakan tentang Ultima Scroll. Jelajahi kastil ini, ada beberapa dinding yang bisa ditembus. Di 1F, ambil item 2000 gil, 1000 gill dan 1000 gil. Naik ke 3F lewat tangga di kiri bawah, di ruang sebelah kanan ambil Doom Scroll, Break Scroll dan Toad Scroll. Di 2F, jalan menembus tembok di kiri untuk mengambil ambil item Werebane di kiri atas. Juga jalan menembus tembok di kanan peri berisi potion dan ambil item Titan's Gloves di kanan bawah. Ucapkan Spell dari Princess Hilda tadi pada Pavel di rumahnya di Fynn, ia akan memberitahu lokasi ruang rahasia di kastil. Pergi ke ruang tahta kastil, gunakan spell dari Princess Hilda di pojok kanan atas dan masuki pintu rahasia yang muncul. Turun sampai 1F, tembus tembok sebelah kanan sebelum tangga ke B1, dan tembus tembok di bawahnya untuk mencapai ruang harta yang berisi item Gold Shield, Golden Mail dan Gold Plate. Kembali dan selanjutnya turun ke basement. Di B1, ambil item Knife dan Eye Drops, juga Shirt. Di B2, ambil 2 potion dan Maiden's Kiss. Di B3, ambil Potion, Silk Web dan Flame Shield. Di B4, ambil item Backstabber, Blood Sword(lawan monster) dan Flame Mail. Turun ke B5, Ambil item Orihaldagger (lawan 4 Rhyos). Masuki pintu kelima di pojok kanan atas, ambil item White Mask dan keluar dengan teleporter.
Note : Meskipun Blood Sword memiliki statistik yang rendah. Jangan membuang senjata ini karena ini senjata yang bagus untuk menghadapi beberapa monster kuat di game ini termasuk boss terakhirnya.
Pergilah ke Mysidia, benua di selatan Altair dan masuki kota Mysidia di dekat gunung. Belilah magic dan equipment baru. Bicaralah dengan orang- orang yang ada di sini, lalu turun ke basement dan pasang White Mask di patung Goddess. Berlayarkah ke sebuah pulau kecil di selatan ( Di Tengah Bawah Pada Word Map).

Di Tropical Island ini masuki gua yang ada, itu adalah Black Mask Cave. Di B1, ambil item Eyedrops, Ether, 2 Hi Potion dan Silk Web. Di B2, ambil item item Slumber Stalk, lalu turun ke B3 lewat tangga kiri atas. Di B3, ambil item Silk Web, lalu turun lagi ke B4 dan naiki tangga di sana untuk tiba di sebuah ruangan, ada seseorang di sini yang menjual equipment. Kembali lagi ke B2, ambil item 2 Poison Scroll, 2 Blind Scroll dan turun ke B3. ambil item Garlic. Turun ke B4, ambil 1000 gil. Naik ke B3 lewat tangga di kiri bawah, ambil item Phoenix Down lawan monster disini, kembali ke B4. Naik ke B3 lewat tangga di kanan bawah, lalu turun ke B5 dan ambil item 2 Slumber Stalk dan Gaia Drum( dan lawan moster yang ada disini. Kembali ke B4 dan turun lewat tangga di kiri atas, ambil item Thanatos di B5 dan kembali ke B4. Turun ke B5 lewat tangga kanan atas, ambil item Sleep Scroll. Jalan sampai sebuah ruangan, lawan Bossnya yaitu Gigan Rhino (HP:1140). Setelah menang, ambil item Black Mask. Gunakan teleport yang ada di sini untuk keluar.

Kembalilah ke Mysidia dan pergi ke sebuah gua di tenggara Mysidia, untuk itu sobat harus berputar menyusuri gunung di dekat Mysidia.

Di Mysidian Cave ambil item Ninja Suit dan Gold Hairpin di B1. Jalan ke kiri bawah dan pasang Black Mask pada Dopperganger Firion. Masuki pintu dan turun ke B2. Ambil item Power Staff, dan Flame Lance dengan menembus tembok. Masuki ruangan di kiri bawah. Di B3, ambil item Ogre Killer lawan juga monster yang ada di sini dan terobos tembok untuk mengambil item Ice Bow. Di B4, ambil item Potion. Di area dengan 3 pintu masuki pintu yang di tengah dan ambil item Mute Bell, Gold needle dan Phoenix Down. Tunggu lewat tangga kanan bawah. Di B5, ambil item Drain Scroll dan juga monster yang ada di sini, tembus tembok sebelah kanan dan ambil item Mini Scroll dan 4 Potion.

Pergi ke ruangan kiri atas dan ambil item Crystal Rod, Drain Scroll dan Osmose Scroll. Lalu keluar dari tempat ini.

Berlayarlah ke pulau kecil dengan menara di utara Mysidia. Sebelum sobat memasuki pulau, kapal sobat akan ditelan pusaran air. Sobat akan berada di perut Leviathan, Namun tiba-tiba saja Laila menghilang. Di sini sobat harus berhati-hati karena ada area asam yang bisa mengurangi HP. Di Intestine, ambil item Head Band dan Power Slash. Di Stomach sobat akan bertemu beberapa orang yang juga ditelan Leviathan. Ambil item Power Armlet, lalu bicaralah dengan Penjaga (Gareth) dan tunjukkan Crystal Rod, Gareth akan bergabung dengan tim.

Pergi ke Mouth, ambil item Terra Sword dan Diamond Shield Setelah mengalahkan monster. Kemudian lawan Bossnya yaitu Barrel Worm (HP:2000). Equipkan Crescent Sword jika sobat ingin menimbulkan status. Serang dengan serangan fisik untuk mengalahkannya. Masuki perahu, otomatis sobat akan kembali ke world map.
Note : Sobat bisa membawa Gareth ke Deist Castle untuk menemui Elena untuk melihat Event. Sobat juga bisa melakukannya nanti setelah saat sudah mendapat Airship.
Mendaratlah di pulau dan masuki Mysidian Tower. Di lantai pertama, ambil item 3 Staff. Juga tembus dinding untuk mengambil White Robe di utara. Di 2F, ambil item Flame Bow, Flame Lance dan Flame Shield, lalu naiki tangga kanan bawah dan masuki pintu paling kiri. Di 3F ada area lava panas yang akan mengurangi HP saat sobat melintas diatasnya. Ambil item Flame Helmet, Flame Mail dan Flame Sword. Masuki ruangan, Lawan Mage yang akan berubah jadi Fire Gigas (HP:1800) Kelemahan: Magic Ice. Kemudian naik ke 4F, ambil item Ice Shield, Ice Gloves dan Ice Mail. Naik ke 5F lewat tangga sebelah kiri, ambil item Ice Lance. Kembali ke 4F, naik ke 5F lewat tangga di kanan atas. Ambil item Ice Brand, masuki ruangan, bicara dengan Mage dan lawan Ice Gigas (HP:2000) Kelemahan: Magic Fire. Di 6F, ambil item Potion dan Spellbinder. Naik ke 7F, ambil item Unicorn Horn, Hermes, dan Silk Web. Lawan Mage/Thunder Gigas (HP:2500) Kelemahan Magic Aero. Naik ke 8F, ambil item Flare Scroll setelah mengalahkan monster. Naik ke 9F, ambil item Cross, Black Robe  Lalu lawan White Dragon (HP:2500) kelemahan: Magic Ice dan Hourglass. Masukilah pintu di kanan untuk naik ke 10F. Temui Mindu ia akan mengorbankan nyawanya untuk membuka segel. Periksalah keempat kristal yang mengelilingi kristal tengah, Kemudian kristal di tengah ruangan untuk mendapat magic Ultima Scroll. Berikan magic ini pada Maria. Kembali ke Fynn, Sobat akan mendengar tentang Whirwind yang telah menghancurkan banyak kota.

Temuilah Princess Hilda dan Gordon, kemudian temui Pavel, tanyakan tentang Whirwind. Ia akan memberi beberapa koleksi hartanya, Jalan dengan menembus dinding di dekat ranjang dan ambil item Ninja Suit, Thief Gloves, Elixir, Silver Plate, Blood Sword, Gold Hairpin, Gold Plate dan Ruby Plate di ruangan rahasia tersebut.
Note : Simpan kedua Blood Sword, karena ini adalah senjata terbaik untuk melawan boss terakhirnya nanti.
Pergilah ke ruang kaca di Fynn Castle dan gunakan Pendant, Wind Drake terbang menuju Fynn Castle. pergi ke Whirwind dan gunakan key item Wind Drake, Sobat akan masuk ke dalam Whirwind. Naiki tangga di sebelah kanan, ambil item Ripper Knife di 2F dan Venom Axe di 3F. Kembali lagi ke 1F dan kali ini naik lewat tangga di kiri. Naik sampai 3F. Naiki tangga di kiri atas, ambil item Diamond Gloves dan Diamond Helmet di 4F, kembali lagi ke 3F dan naiki tangga di kiri bawah. Di 4F, mula-mula naik ke 5F lewat tangga sebelah kiri, ambil item Defender dan Diamond Mail, lawan General (HP:1800). Kembali ke 4F dan naiki tangga paling kanan, lanjutkan hingga 6F, ambil item Zephyr's Flute, lawan Green Dragon (HP: 3000) Kelemahan Magic Bolt. Di 7F Sobat akan bertemu Emperor. Lawan 2 Royal Guard 2 kali, kemudian lawanlah Emperor (HP:1290), Wood Golem dan 2 Royal Guard.

Saat melaporkan hal ini ke Fynn, ada seorang prajurit yang akan melapor bahwa Leon telah mengangkat dirinya sebagai Emperor baru. Besok harinya bicaralah dengan Princess Hilda tanyakan tentang Palamecia. Bicara juga dengan Gordon, lalu temui Pavel di rumahnya. Bicaralah dengan Cid, setelah ia memberikan Airshipnya bicaralah dengan Pavel, tanyakan tentang palamecia. Gunakan kapal untuk pergi ke Poft (Tanda Merah Di Word Map) dan naiki Airship. Dengan airship sobat bebas terbang ke mana saja. Terbangkan Airship ke Castle Palamecia di dekat Coliseum.

Tempat ini hanya bisa dicapai dengan airship. sobat akan mulai di lantai paling atas yaitu 7F, jalan saja sampai sobat jatuh ke 1F. Ambil item Garlic dan Diamond Plate, naik ke 2F lewat tangga di kanan. ambil item Hourglass, lalu kembali ke 1F. Naik ke 2F lewat tangga di kiri bawah tangga tadi. ambil Buckler dan Knife, lalu naik ke 3F. Ambil item Thunder Spear, lawan Fake Emperor (HP:3000). Di 4F, ambil item Saint's Spirit, Slumber Stalk, di ruang kiri bawah ambil item Healing Staff, Mage's Staff dan Spewllbinder. Di 5F. jalan ke kiri lalu naiki tangga ke 6F. Ambil item Sunblade setelah mengalahkan Queen Lamia. Naik ke 7F, ambil item 3 Elixir di sebuah ruangan, kembali ke 5F. Naiki tangga paling kiri, lanjutkan hingga 8F. ambil item Hellfire dan Zephyr's Flute di kiri atas. Lalu pergi ke ruang tahta dan temui Leon, Emperor akan muncul lagi. Gareth akan memberikan Wind Drake pada Firion dan mengorbankan dirinya untuk menahan Emperor, dan Firion cs beserta Leon pun akan kembali ke Fynn.

Ini adalah misi terekhir temui Princess Hilda dan tanyakan tentang Jade Passage. Tanyakan hal yang sama pada Gordon dan Leila. Kembali ke Deist Castle dan bicara dengan Elena. Tanyakan tentang Dragoon, ia akan memberikan Excalibur Sword dan ia pergi bersama anaknya. Kini pergi ke sebuah danau kecil di ujung timur Mysidia (Ada di barat daya Kas'ion Castle). Masuki danau itu untuk mencapai tempat Jade Passage.
Lokasi Jade Passage
Di Jade Passage, ambil item Diamond Mace dan Hellfire. Turun ke B2 lewat tangga di ruangan kanan bawah. Ambil item Hellfire, Notus dan Cat's Claw dam Lawan Blue Dragon (HP:3500). Di B3, ambil item Rune Axe, lawan Behemoth (HP:5000). Di balik air terjun tepatnya di bawah ada magic shop rahasia yang menjual beberapa magic kuat termasuk Flare. Masuki pintu paling kanan untuk turun ke B4. Ambil item Back Stabber, Dragon Mail, Aegis Shield dan Holy Lance dari ruang paling atas, dan ambil item Yoichi's Bow di dalam peti, lawan Red Dragon (HP:5000). Turun ke B5 lewat tangga di ruang kanan bawah. Ambil item 2 Hi-Potion dan Protect Ring. Lanjutkan ke B6 dan masuki teleport, Sobat akan tiba di dungeon terakhir.

Pandaemonium. Naik ke 2F, ambil item ether. Gunakan teleporter untuk ke 3F. ambil item eye drops, lalu gunakan teleport ke 4F. Masuki pintu paling kiri, dan ambil item Genji Gloves, lawan Zombie Borghend (HP:2500). Jalanlah menembus tembok di pojok kanan atas untuk mencapai ruang rahasia berisi pedang Masamune yaitu pedang terkuat pada game ini. Kembali, kini masuki pintu kedua dari kiri. ambil item Genji Helm, Lawan boss Tiamat (HP:5000). Kembali masuki pintu pintu paling kanan. ambil item Genji armor, Lawan boss Beelzebub(HP:5000). Kembali, kini masuki pintu ketiga, ambil Ribbon, lawanlah Astaroth (HP:7000) ini adalah monster terkuat setelah Emperor. Gunakan teleport, lalu gunakan teleport kedua untuk tiba di 7F. ambil Sage's Wisdom, lalu gunakan teleport. Di 8F, ambil item Acid Bottle dan Hellfire, gunakan teleporter ke 9F, terakhir gunakan teleport di kiri bawah untuk ke 10F.

Temui dan lawan The Final Boss, Emperor (HP:10000). Ia akan menyerangmu dengan berbagai magic tingkat tinggi dan juga serangan fisik yang akan menghisap HP. Jangan gunakan magic Osmose padanya. Equipkan kedua Blood Sword pada Firion serta Masamune dan Excalibur pada Leon. Biarkan Firion dan Leon menyerang dengan serangan fisik lalu Maria menggunakan Haste 8 pada semua karakter sobat dan bersama Gus menyerang dengan magic Holy 16.  Setelah sobat memang ikutilah event terakhirnya.

CARA MENINGKATKAN STATUS KARAKTER
Final Fantasy II memiliki permainan yang berbeda dari seri yang lainnya. Final Fantasy 2 tidak mengenal level dan hanya mengenal peningkatan status. Berikut adalah cara untuk meningkatkan status karakter:
  • HP dan Endurance akan meningkat apabila karakter itu mengalami damage cukup besar (HP berkurang cukup banyak).
  • MP dan Magic akan meningkat apabila karakter itu menggunakan MP sebanyak mungkin dalam 1 pertempuran (Cara lain, MP karakter itu dihisap oleh karakter lain atau musuh dengan magic Osmose (Yang didapat pada Mysidian Cave).
  • Magic Defend akan meningkat apabila karakter tersebut sering diserang dengan magic.
  • Senjata dan Magic terdiri atas 16 level. Status senjata dan magic akan meningkat seiring semakin seringnya senjata/magic itu digunakan.
  • Untuk meningkatkan status HP dan Endurance dengan sangat cepat, Carilah encounter lalu serang karaktermu sendiri sampai HPnya berkurang lebih dari setengah lalu menangkan pertempuran. Pulihkan HP kembali dan ulangi lagi sampai sobat puas dengan status HP sobat.
  • Untuk meningkatkan MP dengan cepat, Gunakan selalu magic (Untuk lebih mudahnya, gunakan magic cure) sampai MP sobat habis lalu menangkan pertempuran. Jika sobat sudah mendapat magic Osmose, hal ini akan membuat lebih mudah. Cukup gunakan magic Osmose pada salah satu karakter sobat, MPnya akan terkuras dan kemungkinan MP dan hingga magicnya akan meningkat.
  • Untuk meningkatkan level senjata dengan cepat, equipkan satu senjata pada salah satu karakter. Pilih attack dan musuh yang diserang, saat turn karakter lain, pilih cancel dan turn akan kembali ke karakter sebelumnya. Pilih lagi attack ulangi langkah, pilih cancel gunakan cara ini sesering mungkin, dan menangkan pertempuran. sobat harus menggunakan senjata itu 100 kali agar statusnya meningkat 1 level, dan langkah pilih cancel tadi akan mempercepat meningkatnya level senjata ketimbang menggunakannya 1 kali dalam tiap turn.
  • Untuk meningkatkan magic dengan cepat, caranya juga sama pada point ke 4. Cukup pilih satu magic dan saat turn karakter lain, pilih cancel. Pilih lagi magic tadi, ulangi langkah pilih cancel gunakan cara ini sesering mungkin sebelum memenangkan pertempuran.
  • Jika sobat ingin meningkatkan status attack/offense, intellegence akan turun, sebaliknya jika sobat memilih meningkatkan magic, attack/offense dan ability akan turun. Jadi sobat harus memilih suatu karakter sebagai penyerang fisik atau magician.

TREASURES LIST
Meskipun sobat tidak harus mengumpulkan semua treasure yang ada, namun sobat bisa melihat daftar ini jika sobat ingin mendapat 100% treasure. Perlu di ingat ada beberapa tempat yang tidak dapat di kunjungi lagi seperti Dreadnough dan Cyclone. Berikut adalah nama tempat dan jumlah itemnya.

Altair (2)
Potion dan Canoe (Diberi Mindu saat bergabung)

Castle Fynn (28)
White Mask, Wind Drake, 4 Potion, Maiden Kiss, Eyedrops, Silk Web, Backstabber, Knife, Orihaldagger, Werebane, Bloodsword, Gold Shield, Flame Shield, Shirt, Golden Mail, Flame Mail, Golden Plate, Titan's Glove, Toad Scroll, Break Scroll, Doom Scroll, Aura Scroll, 1000 gil x2, dan 2000 gil.

Fynn (12)
Ring, 3 Potion, Elixir, Blood Sword, Gold Hairpin, Silver Plate, Ruby Plate, Gold Plate, Ninja Suit, Thief dan Gloves. Catatan: 8 item terakhir berada di dalam kamar rahasia di rumah Pavel.

Semmit Falls (11)
Mythril, Snow Craft, 2 Potion, Wywdrops, Fire Scroll, Warp Scroll, 1 gill, 10 gil, 50 gil, dan 200 gil.

Bafsk Cave (3)
Pass, Long Sword, dan Long Bow.

Snow Cavern (14)
Goddees's Bell, 2 Potion, Antidote, Notus, Mythril Mace, Mythril Spear, Ancient Sword, Battle Axe, Mythril Shield, Silver Plate, Ice Scroll, 100 gil, dan 150 gil.

Castle Cas'ion (12)
Egil's Torch, Sun Fire, Antidote, Mallet, Eye Drops, Werebane, Mythril Sword, Mythril Axe, Gold Shield, Golden Armor, Cure Scroll, dan 800 gil.

Castle Deist (16)
Dragon Egg, Antidote, Gold Needle, Cross, Mallet, Eyedrops, Phoenix Down, Cottage, Unicorn's Horn, Sage's Wisdom, Saint's Spirit, Wing Blade, Excalibur (Diberikan oleh Elena setelah kematian Gareth), Stun Scroll, Stop Scroll, dan Curse Scroll.

Deist Cavern (14)
Pendant, Potion, Sage's Wisdom, Saint's Spirit, Acid Bottle, Mythril Mirror, Mage's Staff, Flame Bow, Mythril Shield, Mythril Helm, Mythril Mail, Knight's Armor, Mythril Gloves, 30 gil.

Coliseum (4)
Antidote, Elixir, Ether, dan Cottage.

Dreadnough (10)
2 Potion, Main Gauge, Trident, Crescent Sword, Shade Bow, Ice Shield, Titan's Helm, Thief's Gloves, dan 400 gil.

Mysidian Cave (19)
Crystal Rod, 5 Potion, Gold needle, Phoenix Down, Mute Bell, Power Staff, Flame lance, Ogre Killer, Ice Bow, Gold Hairpin, Ninja Suit, 2 Drain Scroll, Osmose Scroll, dan Mini Scroll.

Tropical Island (20)
Black Mask, Eye Drops, Phoenix Down, 2 Hi Potion, Gaia Drum, Garlic, Silk Web, Thanatos, 3 Slumber Stalk, 2 Poison Scroll, Sleep Scroll, 2 Blind Scroll, dan 1000 gil.

Leviathan (5)
Terra Sword, Diamond Shield, Headband, Power Slash, dan Power Armlet.

Mysidian Tower (25)
Potion, Cross, Unicorn Horn, Hermes, Silk Web, Hourglass, 3 Staff, Spellbinder, Flame lance, Ice Lance, Flame Sword, Ice Brand, Flame Bow, Ice Shield, Flame Shield, Flame Helm, Flame Mail, Ice Mail, White Robe, Black Robe, Ice Gloves, Flare Scroll, dan Ultima Scroll.

Cyclone (7)
Zephyr's Flute, Ripper, Defender, Venom Axe, Diamond Helm, Diamond Mail, dan Diamond Gloves.

Castle Palamecia (17)
3 Elixir, Zephyr's Flute, Garlic, Saint's Spirit, Hourglass, Slumber Stalk, Hellfire, Knive, Mage's Staff, Spellbinder, Healing Staff, Thunder Spear, Sunblade, Buckler, Diamond Plate.

Jade Passage (14)
2 Hi Potion, Notus, Backstabber, 2 Hellfire, Cat's Claw, Diamond Mace, Holy Lance, Rune Axe, Yoichi's Bow, Aegis Shield, Dragon Mail, Protect Ring.

Pandaemonium (10)
Eye Drops, Ether, Sage's Wisdom, Acid Bottle, Hellfire, Masamune, Genji Helm, Ribbon, Genji Armor, Genji Gloves.

Nah itulah tadi Walkthrough Final Fantasy 2 originsPSX dari saya semoga bisa membantu dan memudahkan sobat dalam memainkan game yang satu ini, jika ada pertanyaan atau saran dan kritik yang ingin di sampaikan silakan berkomentar dibawah ini.

4 Responses to "Walkthrough Final Fantasy 2 Origins PSX"

  1. Saya belum pernah main FF seri ini sih, tapi semenjak emulator PSX bisa dimainkan di android saya kira boleh dicoba

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget penjelasannya, makasih gan (y)

    ReplyDelete

PERATURAN KOMENTAR
✔ RELEVAN
✔ SOPAN
✖ LIVE LINK / LINK
✖ SPAM
✖ Out Of Topic
SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA