Walkthrough Final Fantasy 1 Origins PSX

Walkthrough Final Fantasy 1 Origins PSX
Andrian's Blog - Baru saja saya selesai menamatkan game yang satu ini dan juga sudah cukup lama sekali saya tidak membagikan walkthrough pada blog ini, jadi saya putuskan artikel saya kali ini akan membahas walktrough final fantasy 1 origins bahasa indonesia lengkap sampai tamat. dimana game ini sangat populer pada masanya mungkin hingga saat ini. Langsung saja simak walkthroughnya dibawah ini:
Baca Juga: Walkthrough Final Fantasy 2 Origins Bahasa Indonesia
WALKTHROUGH
Pada awal permainan, sobat disuruh memilih job dan juga nama untuk keempat karakter tersebut. Tidak ada nama default, jadi masukan nama sesuka sobat. Ada 6 job yang bisa dipilih yaitu: Warrior, Thief, Monk, White Mage, Black Mage dan Red Mage. Masing-masing job memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihlah job dengan baik. Namun saya sarankan untuk memilih job Warrior, Monk, White Mage dan Black Mage.
Charakter/Job Select
Pilihan ini membuat sobat memiliki petarung fisik sekaligus magic yang kuat.

Cornelia
Sobat akan memulai game di luar kota Cornelia. Masuklah ke Cornelia Castle lalu naik ke lantai 2 dan bicara dengan King Cornelia. Ia akan meminta bantuan sobat untuk menyelamatkan Princess Sarah yang diculik oleh Garland. Masuki kota cornelia belilah equipment dan item yang diperlukan jangan lupa juga membeli magic untuk White/Black/Red Mage. Jika sobat kekurangan Gil/uang, cari encounter di world map dan kumpulkan gil, naikkan level karakter setidaknya sampai level 5 untuk memudahkan sobat melewan Garland.
Notes: Sobat hanya bisa mensave pada memory card dengan menginap di inn. Untuk mensave di world map, bisa menggunakan item Sleeping Bag, Tent atau Cottage. Sobat juga bisa mensave kapan saja di memory card sobat dengan memilih menu memo (Tekan R2) dan meloadnya dengan cepat tapi kekurangan mensave dengan cara ini data temporary ini akan hilang jika playstation dimatikan.
Temple of Chaos
Selanjutnya pergi ke Temple of Chaos di utara benua ini. Di dalam sobat bisa mengambil item Leather Cap, Potion dan Tent diruang kiri atas dan kiri bawah. 2 ruang lain di kanan atas dan kanan bawah dikunci dengan mystic key. saya sarankan jangan mengambil item terlebih dahulu karena tingkat level musuh disini sangat tinggi. Jadi tinggalkan saja untuk saat ini. Pergi saja keruangan tengah, temui dan lawan boss pertama. Garland (HP:106). Serang dengan serangan fisik dan magic, ia akan kalah dengan cepat. Setelah bicara dengan Princess Sarah, otomatis sobat akan kembali ke Cornelia Castle.

Cornelia Castle
King Cornelia akan membangun sebuah jembatan di utara castle. Bicaralah dengan Princess Sarah, ia akan memberikan Key Item "Lute" yang akan berfungsi pada akhir game. Keluar dari tempat ini dan pergi ke jembatan di utara. akan ada intro awal game. Pergilah sobat pergi ke tanjung di utara benua, sobat akan menemukan Matoya's Cave.

Matoya's Cave
Disini ambil item, 2 Potion dan Antidote. Bicaralah dengan Matoya, ia tengah bersedih karena kehilangan bendanya yaitu Crystal Eye. Jika sobat bicara dengan sapu disini, sobat akan mendapat pesan: "Ripper over, flip, flip! elcric dna trats!" Namun jika kata dibaris terakhir dibalik, akan terbaca menjadi "start and circle". Ini adalah petunjuk untuk melihat world map (peta). Tahan tombol Bulat lalu Tekan Start untuk melihat peta. Selanjutnya pergi ke kota Pravoca di timur benua.

Pravoca
Kota ini sedang dikuasai oleh bajak laut. Bicaralah dengan pemimpin bajak laut, Bikke di kiri atas dan lawan 9 Pirates (HP:6). Cukup serang dengan serangan fisik saja mereka akan kalah dengan mudah. Kini Bikke akan memberikan kapalnya pada sobat. Lalu berlayarlah ke Elfheim kota kaum peri yang berada di selatan benua Cornelia.
Notes: Ship hanya bisa merapat di dermaga saja. Saat menggunakan kapal, sobat bisa memainkan mini game dengan cara Tahan tombol X dan Tekan O 50 kali untuk memulai mini game ini. Ini adalah permainan semacam "Jigsaw" dimana kita harus menyusun angka mulai dari 1 sampai 15. Jika Sobat bisa memecahkan rekor, sobat akan mendapat gil dan item. Cara ini bisa mendapatkan gil dengan cepat.
Elfheim
Di kota ini sobat akan mendapat informasi bahwa pangeran di negeri ini tertidur karena kutukan Dark Elves. Beli equipment dan magic disini, terutama  sobat harus memiliki beberapa Antidote karena musuh-musuh yang berada disini bisa menyebabkan status poison. Pergilah ke Western Keep yang berada di barat laut benua ini.

Western Keep
Bicaralah dengan seorang Raja disini, ia sedang mencari mahkotanya yang hilang. Keluar dari tempat ini lalu pergi ke Marsh Cave yang terletak di barat daya benua ini.

Marsh Cave
Di tempat ini banyak sekali musuh yang akan menimbulkan status poison jadi persiapkan item Antidote sebelum memasuki tempat ini. Setelah masuk mula-mula jalan ke kiri atas dan turun ke B2, ambil item Dagger dan 620 gil. Lalu kembali ke B1. Lalu ambil jalan ke bawah, masuki sebuah ruangan dan turun ke B2 lewat tangga di ruangan tersebut. Di B2, ambil item Broad Sword dan 600 gil. Kemudian masuki pintu di kanan bawah, keluar dari ruangan dan turun ke B3. ambil item Steel Plate, 295 gil, Cottage, Copper Armlet dan 385 gil. 
Disebuah ruangan, sobat harus melawan Piscodemon (HP:84). Monster ini kuat terhadap magic Fire, Ice dan juga berbagai status. jadi serang dengan serangan fisik saja. Setelah mengalahkannya, ambil key item Crown di peti. Ruangan lain disisi bawah terkunci dengan Mystic Key, jadi tinggalkan untuk saat ini. Keluarlah dari sini. Kembali ke Western Keep di utara. 
Tips: Jika sobat tidak mau menempuh perjalanan panjang ke Elfheim, gunakanlah item Cottage di word map. Untuk memulihkan HP/MP dan juga save game.
Western Keep
Temui dan bicaralah dengan Raja, ternyata ia adalah King of Dark Elves, Astos (HP:168). Sobat akan melawannya dan harus berhati-hati karena ia menguasai magic Reaper yang bisa mematikan 1 job dalam sekali serangan! Serang ia dengan serangan fisik dan magic Bolt/Ice. Setelah mengalahkannya, sobat akan mendapat key item Crystal Eye. Lalu kembali ke Matoya's Cave.

Matoya's Cave
Kembalikan Crystal Eye pada Matoya. ia akan sangat senang dan berterima kasih lalu ia memberikan key item Jolt Tonic sebagai gantinya. Kembalilah ke Elven Castle/Elfheim. 

Elven Castle
Bicaralah dengan asisten Prince Elf untuk membangunkan Prince Elf dengan ramuan Jolt Tonic yang diberi Matoya tadi. Prince Elf akan terbangun dan memberi sobat key item mystic key. Kini sobat sudah bisa membuka pintu-pintu yang terkunci dengan mystic key. Perjalanan selanjutya pergilah ke Mt.Duerger di barat laut, tempat ini adalah kediaman kaum Dwarf.

Berikut ini adalah daftar lokasi pintu yang dikunci dengan mystic key
  1. Elven Castle : Mythril Hammer, 400 gil, 330 gil dan Bronze Gloves.
  2. Cornelia Castle : Crosier, Saber, Mythrril Knife, Steel Plate, Iron Shield, dan Nitro Powder.
  3. Temple of Chaos : Rune Blade, Werebane, dan Gold needle.
  4. Western Keep : Falchion, Power Stafff dan Steel gloves.
  5. Marsh Cave : Silver armlet, Mythriil knife dan 1020 gil.
Mt.Duerger
Tempat ini adalah kediaman kaum Dwarf. Di sini ambil item 575 gil, 450 gil, Tent, Grand helm, Wyrm killer, Mythril knife, Helmet, Mythril mail, 575 gil dan Cottage. Smithy, Dwarf pandai besi ia akan membuatkan pedang jika sobat membawa logam langka Adamantite. Temuilah Grandpa Nelic, Dwarf yang ada disisi selatan gua ini dan berikan Nitro powder padanya. ia akan menggunakannya untuk membuat celah untuk bisa dilewati kapal. Setelah itu kembali ke kapal dan lewati celah tersebut dan Pergi ke kota Melmond, 

Melmond
Di kota ini sobat akan mendengar kabar tentang vampire yang mengganggu aliran energi bumi. Belilah item, equipment dan magic baru di kota ini. pergilah ke Terra Cavern di selatan benua ini.

Terra Cavern 
Ditempat ini banyak sekali musuh-musuh yang kuat jadi tingkatkan dulu level karakter sobat sebelum memasuki tempat ini. Jika sudah langsung saja ke panduannya, Di ruangan B1, ambil item 1975 gil, Potion, 880 gil, 795 gil dan Antidote, naik ke B2 lewat tangga di kanan. Di B2 ambil item 575 gil, Leather Shield dan 5000 gil di ruangan ini ada monster Gnoma (Kelemahan Magic Fire). Di ruang lain sobat bisa mengambil Coral Sword, Tent dan 330 gil. Di B3, ambil item Sleeping bag, 3400 gil, 1020 gil dan Potion. Bicara dengan kelelawar disebuah ruangan lalu ia akan berubah menjadi Vampire (HP:158). Serang ia dengan serangan fisik, Magic Fire 2 dan DiaSpell. Setelah menang, ambil key item Star Ruby di dalam peti. Jalan selanjutnya terhalang oleh Stone Plate Keluar dari tempat ini dan Pergilah ke Titan Cave di barat benua ini. 

Titan Cave
Di tempat ini sobat akan melihat Titan yang menghalangi jalan, berikan Star Ruby pada Titan yang menghalangi jalan tersebut, ia akan pergi dan sobat bisa lewat. lalu ambillah item Mythril helm, 450 gil, 620 gil dan Great axe. Keluar lewat tangga di kiri atas, Sobat akan kembali di world map. Lanjutkan ke Sage's Cave di selatan.

Sage's Cave
Ditempat ini bicaralah dengan Sage Sadda, ia akan menjelaskan bahwa ada makhluk lain yang menjadi atasan vampire yang telah sobat kalahkan sebelumnya dan makhluk tersebutlah yang bertanggung jawab atas terganggunya aliran energi bumi. Ia akan memberimu key item Earth Rod. Kembali lagi ke Terra Cavern.

Terra Cavern 
Pergi ke tempat yang terhalang stone plate. Gunakan Earth Rod disana untuk menghancurkannya lalu turun ke B4. ambil item Staff, 3400 gil, 1450 gil, 1520 gil, 5450 gil, Tent, Mythril shield dan 1250 gil. Di B5, disebuah ruangan sobat akan melawan bos Lich (HP:800). Serang ia dengan magic Fire 2 dan DiaSpell 2. Gunakan juga magic steel dan haste untuk meningkatkan serangan fisik warrior. Setelah mengalahkan monster ini, earth crystal akan kembali bercahaya. Gunakan teleporter yang berada diruangan untuk keluar dari sini. Kembali ke kapal, berlayarlah ke selatan lalu ke barat dan merapatlah ke dermaga. Berjalanlah untuk mencapai Crescent Lake, kota yang terletak di tengah danau.

Crescent Lake
Kota ini cukup sederhana namun toko disini menjual equipment Mythril dan Magic level 6, Lalu temui Twelve Sage termasuk Lukin, mereka akan menceritakan tentang kristal dan Four Fiend of Chaos. Salah satu Sage akan memberi sobat Canoe. Gunakan Canoe tersebut untuk menyusuri sungai menuju Mt.Gulg di utara benua ini.

Mt.Gulg
Disini sobat akan dihadang oleh area lahar panas yang akan mengurangi HP semua karakter setiap langkahnya tapi sobat tidak akan mendapat encounter jika melintasnya. turun ke B2 lewat tangga di kiri atas, ambil item Mythril helm, 4150 gil, 1520 gil, Mythril helm, Potion, Tent, Mythril gloves, 1520 gil, 19750 gil, 1455 gil, Antidote, 1760 gil, Mythril shield, Mythril axe, Potion, 795 gil, 750 gil dan Claymore. Lintasi saja lahar untuk mencapai tangga menuju B3 di kanan bawah, jalan ke kanan melintasi lahar untuk menemukan tangga menuju ke B4, dan lintasi lahar lagi untuk menemukan tangga menuju B3 di kanan bawah. Temukan tangga menuju B4 di kiri bawah. Di B4, ambil item Gold needle, 2750gil, 1760 gil, 10 gil, 155 gil, Cottage, 2000 gil, Ice brand, Staff, 1250 gil, Antidote, 7340 gil, 880 gil dan Flame shield. terakhir turun ke B5 lewat tangga di selatan. Di ruangan sebelah kiri, lawan Red Dragon untuk mengambil item Flame mail. Lalu pergi ke ruangan di kiri bawah, temui dan lawan boss Marilith (HP:1200) kelemahan paralyze. Gunakan magic bind untuk menimbulkan status paralize. Setelah mengalahkannya cahaya Fire Crystal akan kembali bersinar dan gunakan teleporter untuk keluar dari sini. Kembalilah ke Crescent Lake.

Crescent Lake
Temui seorang pria yang tadi tidur di dekat makam, ia akan memberi informasi tentang Levistone. Keluar dari kota ini lalu kembali ke kapalmu dan berlayarlah ke sebuah dermaga lain di utara dermaga pertama tadi. Pergi ke sungai di barat daya dermaga dan telusuri untuk mencapai Ice Cavern.

Ice Cavern
Sesuai dengan namanya tempat ini diselimuti ice jalanlah ke bawah untuk menuju B2, lalu turun lagi ke B3 lewat tangga di kiri bawah, dan naiki tangga ke B2. Pergi ke sebuah ruangan, periksa lantai dan hindari lantai yang ada retakan. ambillah item Shirt dan Flame sword, lalu jatuhkan diri lewat jebakan lantai yang retak tadi. Sobat akan tiba di ruangan kecil di B3 Lawan musuh di sana, lalu keluar dari ruang tersebut. Disini ada area es runcing yang akan mengurangi HP tiap langkahnya. Ambillah item Ice armor dan Mythril gloves di ruangan sebelah kiri, sebelumnya sobat harus melawan White Dragon. Kembali dan teruskan ke bawah. Di ruangan kiri bawah sobat bisa mengambil 7900 gil, 9900 gil, 5454 gil, 5000 gil, 180 gil dan 12350 gil. Naik lagi ke B1 lewat tangga di kanan bawah, ambillah potion dan 10000 gil. Di ruangan yang panjang hindari dulu jebakan di lantai dan ambil item 9500 gil, Sleeping bag dan Ice shield. Setelah mengambil semua harta tersebut lalu jatuhkan diri lewat lubang Jebakan 2 petak di depan peti berisi Ice shield, Sobat akan tiba di B2, Periksa kristal di sana untuk mendapat key item Levistone, jatuhkan diri lagi untuk kembali ke B3 dan keluar dari area ini. Jika sobat berbicara dengan kedua Prophet di Elfheim, mereka akan menyuruh sobat menggunakan Levistone tersebut di padang pasir di dekat Crescent Lake. Pergi ke gurun di selatan Crescent Lake dan gunakanlah Levistone di gurun itu untuk memunculkan Airship. Kini sobat sudah memiliki Airship/Kapal terbang.
Notes: Airship hanya bisa didaratkan di padang rumput. Sobat tidak bisa mendaratkannya di Air, Rawa, Hutan maupun Gurun.
Gaia
Tujuan selanjutnya adalah ke Gaia, kota yang beratap hitam dikelilingi oleh gunung. disini sobat bisa membeli Magic level 7 dan 8, serta equipment baru. sobat akan mendengar kabar tentang Oxyale yang hanya bisa dikumpulkan oleh faerie, namun faerie disini telah dijual pada pedagang berkaravan. Pegilah ke Pergilah ke Dragon Cave, tempat kediaman kaum naga. Area ini tersebar sepanjang pulau-pulau di berjejer di selatan. 

Dragon Cave
Di tempat ini tidak ada encounter, Sobat bisa mengambil beberapa item disini yaitu Tent, 575 gil, Gold needle, 10 gil, 50 gil, Cottage, 160 gil, 9500 gil, 2750 gil,1520 gil,2750 gil, 2000 gil dan 1455 gil. Di pulau kedua, Sobat bisa menemui naga Bahamut, ia akan meminta sobat membuktikan diri di Citadel of Trial. Citadel of Trial terletak di timur Dragon Cave, untuk mencapainya sobat harus mendarat Airship di tanjung di utara Citadel of Trial, dan berjalan memutar untuk mencapai Citadel of trial. 

Citadel of Trial
Bicaralah dengan seseorang yang ada disini. Setelah ia menghilang, masuki ruangan dikiri atas dan periksa kursi untuk diteleport ke 2F. Gunakan teleporter-teleporter di sini untuk melanjutkan perjalanan, Sobat harus berhati-hati karena beberapa teleporter akan mengembalikan ke area sebelumnya. Di ruang kiri atas kalahkan Clay Golem sebelum mengambil item Gauntlet. Jalan ke bawah dari ruang tersebut, gunakan teleporter ketiga untuk mencapai ruang kanan bawah dan naik ke. 3F. Ambil item Healing staff, Rubyarmlet, Ice brand, Steel gloves, Cottage, 1455 gil dan 7340 gil. Terakhir ambil key item Rat Tail di kanan bawah, lalu periksa kursi yang ada disitu untuk kembali ke 1F. Tinggalkan tempat ini dan temui Bahamut di Dragon Cave, 

Dragon Cave
Bahamut akan meningkatkan kelas job, sobat bisa membeli magic-magic untuk kelas baru sobat. Tujuan selanjutnya adalah Onlak, kota di barat laut peta atau sedikit ke barat dari Dragon Cave. Kota ini dikelilingi oleh hutan lebat. Untuk mencapai kota ini, Sobat harus mendarat di padang rumput di dekat gurun, lalu berjalan kaki ke timur dan juga menyerangi sungai. 

Onlak
Di kota ini sobat bisa membeli magic level 7. jika sobat berbicara dengan seorang gadis di dermaga, ia akan meminjamkan kapal selam buatannya jika sobat memiliki key item Oxyale. Bicaralah dengan seorang gadis di depan magic shop, ia akan memberitahu bahwa ayahnya ikut karavan yang kini berada di dekat hutan di gurun. Seorang pemuda di kota ini bernama Koppe juga mengatakan bahwa ia melihat sesosok robot yang melayang jatuh di utara. Kembali ke gurun dimana sobat mendaratkan airship tadi, dan pergi ke gurun kecil di dekat hutan disana sobat menemukan Caravan. Lokasinya seperti gambar dibawah ini.
Desert Caravan
Desert Caravan
Belilah key item Bottled Faerie seharga 40000 gil. Lalu kembali ke Gaia.

Gaia
Disini pergi ke mata air di kanan atas kota ini. dan gunakan key item Bottled Faerie untuk membebaskan Faerie, Lalu bicaralah dengan Faerie tadi, ia akan memberikan key item Oxyale. Kembali lagi ke Onlak.

Onlak
Bicaralah dengan gadis yang di dermaga tadi, Lalu dia akan terbang dan gunakan kapan selam untuk mencapai Sunken Shrine.

Sunken Shrine
Di sini ambil 9900 gil dan 2000 gil. lalu Naik ke 4F lewat tangga di kanan atas, ambil Mage staff, 1235 gil, 20 gil, Light axe dan Diamond armor. Naik ke 5F lewat tangga kanan bawah, ambil 9000 gil, 1760 gil, Diamond Armlet, 2750 gil, 4150 gil, 10000 gil, 10 gil, Antidote, Diamond shield, 5000 gil, Diamond helm, Diamond gloves dan key item Rosetta Stone. Di sini sobat juga bisa bicara dengan para Mermaid. Kembali ke 3F dan kini turun ke 2F lewat tangga di kiri atas, lalu naik ke 3F lewat tangga di kanan atas. Naik ke 4F, lalu turun ke 3F lewat tangga di pojok kanan bawah.Ambil 110 gil dan 450 gil di ruangan, lalu turun lagi ke 2F. Ambil beberapa item 8135 gil, 7690 gil, 5450 gil, 385 gil, giant's gloves, Light axe, 2750 gil, 9900 gil, Ribbon, dan 7340 gil. Lalu gunakan tangga di kanan atas untuk mencapai boss Kraken (HP: 1600). Equipkan Ribbon pada petarung fisikmu untuk menangkal status blind pada karakter dan gunakan magic haste dan shield2. Tingkatkan status dengan steel, dan serang ia dengan serangan fisik dan magic Bolt3. Setelah memulihkan Water Crystal, gunakan teleporter untuk keluar darisini. Pulihkan diri, lalu susuri sungai di dekat situ dengan canoe, masuki air terjun untuk mencapai Waterfall Cavern.

Waterfall Cavern
Pergi ke ruangan di kiri bawah, kalahkan monster di sini. Bicaralah dengan robot di sini untuk mendapat key item Warp Cube, ambil juga Spellbinder, Ribbon, 13450 gil, 6400 gil, 5000 gil dan Defender Sword. Lalu keluar dari sini. Selanjutnya ke Melmond.

Melmond
Temuilah Dr.Unne di Melmond di dekat makam, ia akan mengajarimu bahasa Lufenia. Untuk mencapai Lufenia, sobat harus mendarat di area sempit di utara hutan, lalu berjalan kaki melintasi hutan menuju selatan. 

Lufenia
Di kota ini salah seorang akan memberimu key item Bell. Disini juga ada terdapat magic shop level 8 jika sobat berjalan lewat kanan atas. Lalu kembali ke Airship dan daratkan airship di padang rumput di selatan gurun, lalu berjalanlah ke Tower of Mirage di tengah gurun.

Tower of Mirage
Di lantai pertama, ambil item 800 gil, Healing helm, 10010 gil, 3400 gil, Vorpal sword, Aegis shield, 2750 gil, dan Tent. Naik ke 2F lewat tangga di selatan. Ambil item 8135 gil, Dragon mail, 10000 gil, Sunblade, 7600 gil, Cottage, 13000 gil, 7900 gil, Thor's hammer dan 12350 gil. Di 3F, saat memasuki ruangan sobat akan dihadang Blue Dragon. Kalahkan lalu gunakan teleporter untuk mencapai Flying Fortress. 

Flying Fortress
Di kota terbang ini banyak sekali terdepat item-item yang menarik salah satunya Adamantite, Di F1 ambil item 7900 gil, 9900 gil, Potion dan 4150 gil di ruang sebelah kiri. Diruangan sebelah kanan ambil item 5000 gil, Protect ring, 6720 gil, Healing helm dan 100 gil. Ambil juga pedang Venom Blade diruangan dibawah. Lalu gunakan teleporter disisi utara untuk menjapai 2F. Di 2F, ambil item Cottage dan Mythril helm di ruang kiri atas. Di ruang kiri, ambil item 880 gil dan 13000 gil. Di ruang kiri bawah sobat bisa mendapat key item Adamantite. Ambil item Diamond gloves di ruang atas, Diamond Shield dan Ribbon ada di ruang kanan. Juga ambil item White robe dan Black robe di ruang kanan bawah. Lalu gunakan teleporter di selatan untuk Mencapai 3F. Di 3F sibat bisa melihat ke world map lewat Crystal yang berada tengah ruangan tersebut Itu adalah petunjuk misi sobat selanjutnya. Lanjut disini ada beberapa itu item 4150 gil, Gold needle, 3400 gil dan Sasuke di ruang kiri. Di ruang utara ambil item 9000 gil, Protect ring, Potion dan 5450 gil. Di ruang kanan ambil item 6400 gil, Gold needle, Shirt, 9500 gil, Protect cloak dan 8135 gil. Di selatan hanya ada ruangan yang berisi komputer. Gunakan teleporter di kiri untuk mencapai 4F. Ruangan di 4F ini bisa menyesatkan sobat jika sobat mengerti cara melaluinya. Cara mudah untuk melaluinya adalah dengan berjalan ke kiri 2 persimpangan, lalu ke atas 2 persimpangan sampai menemukan teleporter, gunakan untuk mencapai 5F. Kini temui dan lawan bos Tiamat (HP: 2000) Kelemahan Stone. Cobalah menggunakan magic break/poison atau atau gunakan serangan fisik dengan Venom sword untuk menang dengan mudah. Kini keempat kristal telah pulih kembali. Gunakan teleporter untuk meninggalkan tempat ini. Pergilah ke Mt.Duerger, 

Mt.Duerger
Bicaralah dengan Smithy, ia akan menempa logam Adamantite menjadi pedang Excalibur, pedang terkuat kedua pada game ini setelah Masamune.

Temple of Chaos
Bicaralah dengan kelima kelelawar yang berada di ruangan (Tempat  Garland Sebelumnya). Lalu periksa Black Crystal, Sobat akan di teleport ke Past Temple of Chaos atau Temple of Chaos di masa 2000 tahun yang lalu.

Past Temple of Chaos
Untuk keluar dari tempat ini sobat bisa menggunakan Magic Warp2. Bawa Sebanyak-banyaknya Potion, Juga harus ingat untuk menghemat MP, Sobat akan memerlukannya untuk melawan para boss sebelumnya disini. Lanjut ke walktrough, disini temukan tangga ke 2F di kanan bawah, dan teruskan ke 3F. Capai sebuah ruangan dengan Stone Plate, lawan monster disana dan ambil 45000 gil dan 65000 gil di dalam peti. Lalu gunakan key item Lute (yang diberi Princess Sarah diawal game) pada Stone plate. Turun ke 2F lewat jalan yang terbuka, lalu turun lagi ke 1F lewat tangga di kiri atas. Turun lagi ke B1 lewat tangga di pojok kiri.

B1 adalah Earth Floor, musuh-musuh disini mirip dengan di Terra Cavern. Pergi ke tangga di pojok kanan bawah, Sobat harus mengalahkan Lich (HP:1000). Kali ini ia kuat terhadap magic Fire, gunakan magic haste pada petarung fisik dan serang dengan serang fisik/magic DiaSpell. Setelah mengalahkannya, turun ke B2(
Fire Floor).

B2 adalah Fire Floor, musuh-musuh disini mirip dengan di Mt.Gulg. Ambil item Protect ring, Sasuke, Protect cloak dan 26000 gil di lantai ini. Sebelum turun ke B3, sobat akan dihadang Marilith (HP: 1400). Seperti bos sebelumnya, ia juga semakin kuat, gunakan haste pada petarung fisik dan serang dengan serangan fisik. Gunakan magic Invincible atau Shield jika diperlukan. Turun ke B3 (Water Floor),

B3 adalah Water Floor, musuh-musuh disini mirip dengan di Sunken Shrine. Pergi ke tangga di kanan bawah, sobat akan dihadang Kraken (HP:1800). Gunakan magic Steel dan Haste pada petarung fisik untuk meningkatkan daya serangnya. Turun ke 4F (Wind Floor),

B4 adalah Wind Floor, musuh-musuh disini mirip dengan Flying Fortress. Ambil item pedang terkuat Masamune diruangan kanan bawah, equipkan pada Knight. Kembali dan kali ini jalan ke tengah di kanan atas, ditengah perjalanan sobat akan dihadang Tiamat (HP:2200). Gunakan strategi seperti sebelumnya. Lanjutkan perjalananmu ke B5.

B5 disini tidak ada encounter sama sekali sebelum itu pulihkan semua karakter sobat dan masuki ruangan tengah. Sobat akan bertemu Garland lagi. Kebencian telah menguasai dirinya dan Sobat harus melawan wujud barunya yaitu Chaos (HP: 4000). Chaos adalah boss terakhir di game ini, dan ia menguasai banyak magic-magic kuat. Gunakan Haste dan Steel pada petarung fisik, gunakan juga magic Null All dan Shield2 pada karakter. Terus serang hingga ia kalah. Setelah mengalahkannnya, nikmati endingnya saya sarankan save pada nomer 2 atau di memory lain karena setelah tamat game akan dimulai dari awal lagi, dan juga sobat akan mendapatkan menu baru yaitu Photo Gallery, dimana sobat bisa melihat cuplikan image game ini. 

CHARACTER JOBS
Ada 6 job yang tersedia di game ini dan Sobat hanya bisa memilih 4 macam job saja untuk keempat karakter sobat. Berikut adalah gambaran dari keenam job beserta tingkat kelasnya:

1. Warrior > Knight
Warrior adalah petarung dengan serangan dan pertahanan terbaik. Ia juga memiliki kapasitas HP yang tinggi. Selain bisa mengequip item-item berat. serangan fisiknya juga cukup kuat. Saat naik kelas menjadi knight, ia akan bisa menguasai white magic hingga level 3.

2. Thief  > Ninja
Selain memiliki agility dan luck yang tinggi, thief juga bisa mengequip beberapa senjata kuat di game ini seperti pedang Sasuke dan Masamune. Saat naik kelas menjadi Ninja, ia akan bisa menguasai Black magic hingga level 4.

3. Monk > Master
Monk adalah petarung fisik terkuat pada game ini. Meski juga bisa mengequip nunchaku dan staff, saat levelnya sudah tinggi sebaiknya biarkan saja ia bertarung tanpa menggunakan senjata, serangannya akan lebih kuat. Meski serangannya sangat kuat namun monk tak bisa mengequip armor berat dan setelah naik kelas menjadi Master ia tidak bisa menguasai magic apapun.

4. White Mage > White Wizard
Meski memiliki serangan dan pertahanan yang lemah, Sobat akan memerlukannya sebagai pemulihan HP dan pemulih dari berbagai status. Saat naik kelas menjadi white wizard, ia akan menguasai magic hingga level 8.

5. Black Mage > Black Wizard
Karakter terlemah pada game ini, Meski begitu sobat tetap bisa mengandalkan magicnya untuk menghadapi musuh-musuh disini. Beberapa boss di game ini bahkan bisa dikalahkan dengan mudah jika sobat menggunakan job ini dan black magic yang tepat. Saat naik kelas jadi black wizard ia juga menguasai magic hingga level 8.

6. Red Mage > Red Wizard
Merupakan mage dengan serangan dan pertahanan terbaik, juga bisa menguasai baik black maupun white magic. Namun selain memiliki kapasitas MP yang lebih rendah, ia juga tidak bisa menguasai magic kelas tinggi. Saat naik level menjadi red wizard, ia hanya mampu menguasai magic hingga level 7 saja.

TREASURES LIST
Berikut ini adalah daftar semua item-item yang ada di game ini berserta tempat dan jumlahnya.

Castle Cornelia (7)
Lute (Princess Sarah), Crosier, saber, Mythril knife, Steel plate, Iron shield, Nitro Powder.

Temple Of Chaos (6)
Leather cap, Potion, Tent, Rune blade, Werebane, Gold needle

Matoya's Cave (4) 
Potion (x2), Antidote, Jolt Tonic (Matoya)

Elven Castle (4)
Mythril hammer, 400 gil, 330 gil, Bronze gloves

Western Keep (4)
Falchion, Power staff, Steel gloves, Crystal Eye (Kalahkan Astos)

Marsh Cave (13)
Dagger, 620 gil, Broad sword, 600 gil, Steel plate, 295 gil, Cottage, Copper armlet, 385 gil, Crown, Silver armlet, Mythril knife, 1020 gil

Mt. Duerger (11)
575 gil, 450 gil, Tent, Grand helm, Wyrm killer, Mythril knife, Helmet, Mythril mail, 575 gil,cottage, Excalibur (Berikan Adamantite pada Smithy)

Terra Cavern (24)
1975 gil, Potion, 880 gil, 795 gil, Anttidote, 575 gil, Leather shield, 5000 gil, Coral Sword, Tent, 330 gil, Sleeping bag, 3400 gil, 1020 gil, Potion, Star Ruby (Kalahkan Vampire)
Staff, 3400 gil, 1450 gil, 1520 gil, 54450 gil, Tent, 1250 gil, Mythril shield

Titan's Cave (4)
Mythril helm, 450 gil, 620 gil, Great axe

Sage's Cave (1)
Earth Rod

Crescent Lake (1)
Canoe (Sage)

Mt. Gulg (33)
Mythril helm(x2), 4150 gil, 1520 gil(x2), Potion(x2), Tent, Mythril gloves, 1975 gil, 1455 gil, Antidote(x2), 1760 gil(x2), Mythril shield, Mythril axe, 795 gil, 750 gil, Claymore, Gold needle, 2750 gil, 10 gil, 155 gil, Cottage, 2000 gil, Ice brand, Staff, 1250 gil, 7340 gil, Flame shield, 880 gil, Flame mail.

Ice Cavern (16)
Shirt, Flame sword, Ice armor, Mythril gloves, 7900 gil, 9900 gil, 5454 gil, 5000 gil, 180 gil, 12350 gil, Potion, 10000 gil, 9500 gil, Sleeping bag, ice shield, Levistone

Desert Caravan (1)
Bottled Faerie (Beli seharga 40000 gil)

Dragon Cave (13)
Tent, 575 gil, gold needle, 10 gil, 50 gil, cottage, 160 gil, 9500 gil, 2750 gil, 1520 gil, 2750 gil, 2000 gil, 1455 gil

Gaia (1)
Oxiale (Bicara dengan Faerie di mata air)

Citadel of Trial (9)
Gauntlet, Healing staff. Ruby armlet, Ice brand, Steel gloves, Cottage, 1455 gil, 7340 gil, Rat Tail.

Sunken Shrine (32)
9900 gil, 2000 gil, Mage staff, 1235 gil, 20 gil, Light axe, Diamond armor, 5000 gil, 1760 gil, Diamond armlet, 2750 gil, 4150 gil, 10000 gil, 10 gil, Antidote, Diamond shield, 5000 gil, Diamond helm, Diamond gloves, Rosetta Stone, 110 gil, 450 gil, 8135 gil, 7690 gil, 5450 gil, 385 gil, giant's gloves, Light axe, 2750 gil, 9900 gil, Ribbon, 7340 gil.

Waterfall Cavern (7)
Warp Cube, Spellbinder, Ribbon, 13450 gil, 6400 gil, 5000 gil, Defender

Lufenia (1)
Bell (Salah seorang penduduk)

Tower of Mirage (18)
800 gil, Healing helm, 10010 gil, 3400 gil, Vorpal sword, Aegis shield, 2750 gil, Tent, 8135 gil, Dragon mail, 10000 gil, Sunblade, 7600 gil, Cottage, 13000 gil, 7900 gil, Thor's hammer, 12350 gil

Flying Fortress (34)
7900 gil, 9900 gil, potion, 4150 gil, 5000 gil, Protect ring, 6720 gil, Healing helm, 100 gil, Venom Blade, cottage, mythril helm, 880 gil, 13000 gil, Adamantite, Diamond gloves, Diamond shield, Ribbon, White robe, Black robe, 4150 gil, Gold needle, 3400 gil, Sasuke, 9000 gil, Protect ring, Potion, 5450 gil, 6400 gil, Gold needle, shirt, 9500 gil, Protect cloak, 8135 gil

Past Temple of Chaos (7)
45000 gil, 65000 gil, Protect ring, Sasuke, Protect cloak, 26000 gil, Masamune.

Nah demikianlah Walkthrough Final Fantasy 1 (Origins) dari saya, Jika ada pertanyaan atau saran dan kritik silakan komentar dibawah ini

9 Responses to "Walkthrough Final Fantasy 1 Origins PSX"

  1. Wah saya juga masih main game ini, saya bingungnya pas mencari desert caravan untung ada panduannya disini jadi ketemu dengan mudah makasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  2. Coba coba deh :D Nambah nambah koleksi game PSX :D
    Nice info gan.

    ReplyDelete
  3. Jadi penasaran ,, ane coba dulu gan,, thank infonya

    ReplyDelete
  4. nostalgia lagi nih kalau bisa maenin pake emulator di PC :)

    ReplyDelete
  5. jadi Penasaran Nih,,, Thanks Infonya :D

    ReplyDelete
  6. waaah lengkap gan...... terima kasih infonya....

    ReplyDelete

PERATURAN KOMENTAR
✔ RELEVAN
✔ SOPAN
✖ LIVE LINK / LINK
✖ SPAM
✖ Out Of Topic
SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA