Cara Memasang Widget Copyscape Di Blog

Andrian's Blog - Anda mempunyai website atau blog apakah Anda pernah berpikir adakah orang yang mengcopy-paste artikel saya? Mungkin sangat menjengkelkan jika karya kita di copy-paste begitu saja oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tapi Anda tidak perlu khawatir mengenai hal itu sekarang sudah ada website yang membantu untuk menemukan blog yang copy-paste artikel blog Anda yaitu Copyscape.

Tentang Copyscape
Copyspace adalah sebuah situs yang dapat digunakan untuk mengetahui dan mengecek adanya kesamaan artikel Anda dengan blog orang lain. Jadi jika Anda menulis artikel original lalu ada orang lain yang mencopy 100% artikel tanpa link sumber maka Anda akan mengetahuinya dengan cara memasukkan link artikel original Anda pada situs copyscape.

Tentu dengan adanya situs ini para blogger yang mempunyai artikel original dapat dibantu untuk mencari web atau blog yang melakukan copy-paste artikel, nah setelah mengetahui web atau blog yang copy paste artikel, Anda dapat memperingatkan mereka untuk menyertakan link sumber.

Widget Copyscape
Apa fungsinya memasang Widget Copysacpe? Jadi jika Anda memasang widget ini si pencopas akan sadar bahwa si pemilik blog sudah mengetahui adanya situs ini dan yang mengcopy-paste pun akan menyertakan link sumber jika ingin blognya aman dari pemblokiran.

Cara Memasang Widget Copyscape Di Blog
Jika Anda ingin memasang widgetnya, Ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Jika sudah klik pada banner tersebut.
  • Kemudian copy semua script yang diberikan.
Cara Meletakkannya Di Blog:
  • Masuk dulu di Blogger
  • Dashboard > Pilih Tata Letak > Klik Tambahkan Widget/Gadget.
  • Pilih widget HTML/JavaScript > Pastekan semua kode yang di copy tadi.
  • Klik save dan lihat hasilnya.
Untuk Mengetahui Pencopas Artikel
Bagi Anda yang ingin mengetahui siapa sajakah yang mengopy artikel Anda simak tutorial berikut ini:
  • Masuk ke situs Copyscape
  • Masukan link blog Anda, Link utama maupun link artikel.
  • Tunggu beberapa detik dan hasilnya akan ketahuan. seperti gambar dibawah ini.
Terdapat 2 situs yang mengopy artikel saya, langkah selanjutnya Anda bisa menegur si pelaku dan Anda bisa langsung melaporkannya ke DMCA secara otomatis artikel tersebut bisa langsung dihapus oleh DMCA.

Sekian tutorial Cara Memasang Widget Copyscape Di Blog dari saya. Jika ada yang kurang jelas silakan berikan komentar.

55 Responses to "Cara Memasang Widget Copyscape Di Blog"

  1. infonya kepake banget gan ane mau praktekin

    ReplyDelete
  2. terimakasih. :-)
    infonya yang sangat lengkap gan,
    ijin praktek ya :-)

    ReplyDelete
  3. pas nih gan buat di pasang di blog ane biar gak ada yang copas :D

    Ijin coba ya gan triknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan gan, kesel juga kan kalo blog kita yang susah-susah buat terus dicopy begitu saja :D

      Delete
  4. Nah ini gan yang saya cari, mantep langsung d pasang (y)

    ReplyDelete
  5. Akhirnya ane nyari2 ketemu juga :3 ane pasang ya

    ReplyDelete
  6. thanks gan ijin praktekin gan dah nyari akirnya ketemu juga

    ReplyDelete
  7. ternyata gunanya itu to ijin praktek mbah

    ReplyDelete
  8. artikelnya informatik sekali,, agar tidak ada copy scape yah,, ijin nyimak

    ReplyDelete
  9. Makasih gan artikelnya, ijin coba buat di blog ane :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, siapa tau pelakunya orang terdekat :D

      Delete
  10. yang ane belum pake gan, nice info nya gan

    ReplyDelete
  11. wah di blog ane udah ada nih, buat mengantisipasi artikel plagiat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus tuh, supaya hak cipta tetap terlindungi :)

      Delete
  12. nice info gan, ane mau cek dulu ah

    ReplyDelete
  13. Sippp banget artikelnya, langsung ane coba tuh gan...thank

    ReplyDelete
  14. bukannya sekarang copyscape berbayar gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang berbayar itu otomatis, sedangkan yang gratis hanya bisa ngecek beberapa blog saja.

      Delete
  15. Pernah coba tapi kurang puas, masih enak DMCA, but Nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. Web ini memang dibuat khusus hanya untuk melihat pencopas saja gan, sedangkan DMCA itu melindungi hak cipta jadi jika ada blogger yang copas langsung dihapus DMCA.

      Delete
  16. yang bisa nya cuman COPAS itu kaga ada inisiatif :v BTW ijin nyoba mastah :v :D

    ReplyDelete
  17. kadang ane kesel blog di copas. thamks

    ReplyDelete
  18. Baru tahu saya ada web yang seperti ini, padahal sudah lama ngeblog :D
    Terima kasih sudah di share

    ReplyDelete
  19. wih bagus nih buat mencegah pencurian artikel

    ReplyDelete
  20. ane praktekin dulu gan di blog :D biar pada gak copas artikel hehehe

    ReplyDelete
  21. Nyoba Ah .. :D
    Tapi Imposibel sih, Soalnya Blog Gue Kecil :v dan, Artikelnya Absurd :V

    ReplyDelete
  22. bagus nih gan.. bisa buat orang berpikir 3x dl buat tukang copas yg sering nyolong artikel smbarangan..

    ReplyDelete
  23. bagus nih .. misalnya artikel kita tidak mau di copas

    ReplyDelete
  24. ijin praktek bos :D biar artikel di blog ane aman dari tukang copas :D

    ReplyDelete

PERATURAN KOMENTAR
✔ RELEVAN
✔ SOPAN
✖ LIVE LINK / LINK
✖ SPAM
✖ Out Of Topic
SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA