Tips Mengatasi Penipuan Di Internet

Tips Mengatasi Penipuan Di Internet
Andrian's Blog - Hai pada pagi hari yang cerah ini saya akan berbagi tips cara mengatasi penipuan di internet atau penipuan online. Sudah banyak sekali khasus penipuan di dunia maya ini korbannya tidak hanya anak-anak maupun orang dewasa. Penipuan ini sering terjadi pada sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+ bahkan ada yang menawanarkan suatu produk melalui alamat email. Dalam beberapa khasus penipuan yang paling banyak terjadi pada saat bertransaksi jual beli online. Pihak yang dirugikan tidak hanya pembeli saja bahkan sering sekali penjual pun bisa kena penipuan ini dimana antara penjual dan pembeli sama-sama dirugikan, namun Anda sebagai penjual atau pembeli harus lebih mengetahui terlebih dahulu seperti apa karakteristik pelanggan Anda.

Saya sendiri sering mendapati korban dari penipuan tersebut, khasus ini memang sudah semakin merajalela terjadi dan seorang pun tidak dapat melacak keberadaannya karena si pelaku menggunakan akun sosial media palsu untuk memulai aksinya. Banyak sekali modus yang ditawarkan seperti: jasa auto followers, jual domain murah, jual beli blog dan masih banyak lagi. Inilah beberapa khasus yang saya amati dari berbagai sosial media.

Bagi Anda penjual maupun pembeli jangan khawatir akan hal itu disini saya akan membagikan beberapa tips supaya Anda terhindar dari penipuan online ini khususnya saat Anda ingin bertransaksi. Berikut beberapa tips mengatasi penipuan di sosial media.

Periksa Identitas Profil
Pastikan biodata profil jelas alamat, tempat tinggal, sekolah, univertitas terutama foto profil asli dan Tidak menggunakan gambar anime atau foto artis. periksa terlebih dahulu latar belakang lainnya, seperti foto profil, foto teman, dan foto lainnya untuk yang menyakinkan.

Umur Akun
Ini yang harus Anda perhatikan biasanya khasus penipuan akan menggunakan akun baru atau bisa saja kloningan. pastikan umur akun sosial media yang digunakan sudah berumur tua setidaknya minimal berumur 2 tahun. apabila Anda melihat pengguna masih baru dan menawarkan jasa ini itu sebaiknya abaikan saja.

Periksa Status/Postingan
Lihat dahulu status atau postingan yang di kirim, apa banyak like dan komentar dari teman-temannya, lihat juga status seperti apa yang diunggah pada sosial media tersebut, pastikan bawah banyak like dan komentar dan apabila dia penjual pastikan ada bukti penjualan sebelumnya.

Periksa Jumlah Followers
Ini adalah apabila si penjual menawarkan followers pastikan jika followersnya banyak hingga ribuan, tapi jika masih sedikit Anda sebaiknya jangan melakukan transaksi dan menolak atau mengabaikan saja penawarannya.

Meminta Kartu Pengenal
Pastikan sebelum Anda melakukan transaksi, mintalah terlebih dahulu Scan KTP/SIM guna melihat keaslian dan kepercayaan penjual maupun pembeli.

Screenshoot Obrolan/Chatting
Untuk berjaga-jaga jika terjadi khasus penipuan sebaik Anda terlebih dahulu men-screenshot percakapan dengannya sebelum si pelaku memblokir akun Anda.

Sebenarnya khasus penipuan ini dapat kita cegah apabila kita lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi dengan orang yang belum di kenal, yang dapat kita ambil dari artikel ini adalah bahwa setiap ingin melakukan penjualan maupun pembelian alangkah baiknya jika memeriksa identitas dan keaslian akun media sosial tersebut. Nah demikianlah artikel dari saya tentang Tips Mengatasi Penipuan Di Internet semoga bermanfaat bagi Anda dan apabila ada pertanyaan atau saran dan kritik silakan berkomentar dibawah ini.

45 Responses to "Tips Mengatasi Penipuan Di Internet"

  1. memng skrng bnyk skali pnipuan yg terjdi di dunia mya, dan tips" dri artikel ini sngt berguna skali untk mengtsi agr kita tidk tertipu.

    ReplyDelete
  2. wah berguna banget nih artikel, makasih infonya gan

    ReplyDelete
  3. Wahhh.... Ane dapet pengetahuan baru nih... Jgn sampe lah, ane kena tipu

    ReplyDelete
  4. Nice gan.. sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
  5. wah mesti ati2 ya gan,bagi semua pengguna internet perlu waspada nih...nice post gan

    ReplyDelete
  6. wah mantep nih tipsnya,, untung ane gak pernah ketipu

    ReplyDelete
  7. kalau bahas penipuan internet saya juga pernah gan. yang job copas itu! saya transfer 30 rb

    ReplyDelete
  8. yg paling dominan tuh biasanya postingan

    ReplyDelete
  9. Informasi sangat membantu thanks..!

    ReplyDelete
  10. sip mas tipsnya, untungnya selama ini saya belum pernah ditipu

    ReplyDelete
  11. nice info gan..sring bgt nh penipuan gni

    ReplyDelete
  12. bnar gan..
    sudah bnyak skali terjadi penipuan d internet yg menimbulkan bnyak korban..
    nice info

    ReplyDelete
  13. Satu lagi gan ane tambahin, gunakan rekber(rekening bersama) untuk transaksi online. Biar sama-sama enak. Dengam begitu transaksi kita jadi aman

    ReplyDelete
  14. Makasih gan tips nya... Gw emang blom pernah kena tipu sih

    ReplyDelete
  15. bagus nih tipsnya jadi bisa buat berjaga-jaga kalau mau bertransaksi di internet

    ReplyDelete
  16. Nice Tips gan jadi bisa lebih hati hati nih sekarang

    ReplyDelete
  17. bisa dicoba nih tipsnya, biar gk terkena penipuan ulah para cyber crime.. nice post gan

    ReplyDelete
  18. tips nya bagus lengkap gan...... terima kasih....

    ReplyDelete
  19. Tips bagus, ane sering banget kena tipu

    ReplyDelete
  20. Thankss gan hehehe buat jaga jaga aja nih tipsnya sapa tau nnti ada yang mau nipu :3

    ReplyDelete
  21. tambahin tips phising website gan :D

    ReplyDelete
  22. follower mungkin bukan penjamin gan,, mungkin dia membeli follower dari web orang :)

    ReplyDelete
  23. Sekalian Jan lupa minta foto barang yang banyak kalo emang kita mau beli sesuatu di olshop

    ReplyDelete
  24. sangat bermanfaat bro, dlu juga saya pernah di tipu, artikel ini bisa saya pelajari agar saya tidak tertipu lgi, makasih bro

    ReplyDelete
  25. makasih infonya gan jadi bisa lebih waspada

    ReplyDelete
  26. Ane dapet pengetahuan baru nih... Jgn sampe lah, ane kena tipu

    ReplyDelete
  27. oke gan, saya akan belajar hati-hati

    ReplyDelete
  28. walaupun semuanya sudah di terapkan, tetap saja kita harus waspada.
    dan sebaiknya cobalah untuk bernegosiasi dengan akun yang sudah dapat di buktikan dapat di percaya (sebaiknya rekomendasi dari teman) :)

    ReplyDelete
  29. Meminta tanda kartyu pengenal. Efektif juga tu. Trims info ny mas andri

    ReplyDelete
  30. emng harus lebih hati" lagi nih kalo di dunia virtual

    ReplyDelete
  31. iya sekarang banyak penipuan melalui internet !!
    thank's gan atas infonya

    ReplyDelete
  32. thanks gan udah berbagi tips ane jadi makin berhati-hati nih

    ReplyDelete
  33. Nice post gan. Bermanfaat buat jaga-jaga kalau jual beli online

    ReplyDelete
  34. Sip gan , informasi yang bermanfaat . :) good luck !

    jgn lupa mampir ke blog ane yaa

    ReplyDelete
  35. artikel yg sngt bermanfaat mksh info nya

    ReplyDelete
  36. artikelnya bermanfaat gan buat jaga jaga

    ReplyDelete

PERATURAN KOMENTAR
✔ RELEVAN
✔ SOPAN
✖ LIVE LINK / LINK
✖ SPAM
✖ Out Of Topic
SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA