Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaftar Google AdSense

Andrian's Blog - Pada beberapa waktu yang lalu saya sudah membagikan tutorial Cara Mengatasi Menu Penghasilan Adsense yang Tidak Muncul Di Dasbor Blogger dan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Google AdSense dan juga Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftar Google AdSense.

Pengertian Google AdSense
AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik web/blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman blog mereka. Pemilik blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung blog, yang dikenal sebagai sistem pay per click (PPC) atau bayar per klik.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaftar
Mendaftar Google AdSense sangatlah sulit tidak seperti pada ppc lokal yang hanya harus memenuhi persyaratan visitor perhari saja, Di google adsense tidak hanya itu banyak hal yang harus dipenuhi agar bisa menjadi anggota publisher. kenapa demikian? Iklan dari Google AdSense bukanlah iklan sembarangan iklan disini tentu iklan yang relevan seperti yang dijelaskan google sebelumnya dan bayaran perkliknya pun bisa $0.01 atau bisa mencapai $0.06 tentu sangatlah mahal dibandingkan daripada ppc lokal yang hanya 250 sampai 400 rupiah perklik. Sebelum Anda mendaftar pastikan situs Anda memenuhi kriteria-kriteria dibawah ini:

1. Memenuhi Kebijakan Google AdSense
Hal ini wajib dilakukan supaya situs Anda dengan mudah diterima. tapi sering sekali banyak orang yang mengabaikan kebijakan ini dan langsung memulai pendaftaran tentu hal ini yang menyebabkan situs Anda ditolak berkali-kali. Untuk memenuhi kebijakan google Silakan baca Kebijakan Program AdSense.

2. Konten Menarik dan Lolos dari Copyscape
Anda harus membuat konten Anda sendiri dan tentunya tidak dari hasil copy-paste konten orang lain dan Anda harus membuat konten yang unik dan semenarik mungkin. hal ini bertujuan mendatangkan visitor dan lebih disukai google.

3. Konten yang Membuat Banyak Kata
Sudah seharusnya situs Anda mempunyai jumlah konten yang bagus dan membuat banyak kata setidaknya 400 kata atau lebih dalam setiap kontennya. Di samping itu juga Anda harus menggunakan bahasa yang baik dan mudah di mengerti oleh pengunjung, Ada pun seperti file gambar hal yang paling bagus adalah dengan membuat file gambar Anda sendiri, namun tidak ada salahnya jika mengambil gambar dari tempat tertentu dan pastinya harus menyertakan link sumber agar tidak menyalahi aturan kebijakan google adsense.

4. Konten Harus Sesuai Niche Blog
Niche blog adalah istilah konten yang harus sesuai dengan judul blog Anda dan tidak diluar topik pembahasan. Google AdSense sangat menyukai blog yang hanya mempunyai 1 atau 2 niche saja dalam situsnya. Jika konten yang tidak sesuai dengan judul situs kemungkinan diterima di AdSense sangat kecil.

5. Jangan Membuat Konten Terlarang
Konten terlarang adalah konten yang menyalahi aturan yang sudah di berikan oleh google, konten terlarang adalah konten yang dilindungi hak ciptanya seperti mp3, video, komik, karya sastra, dll. disamping itu ada juga seperti situs kekerasan, kelompok penentang organisasi, dan situs yang berbau dewasa. ini sangat dilarang meskipun Anda sudah diterima AdSense jangan sekali-kali mencoba membuat konten tersebut. Karena Anda bisa di banned dari Google AdSense. Untuk Informasi lebih lanjut tentang konten terlarang Silakan baca Kebijakan Konten Terlarang.

6. Usia Pemilik Situs
Usia Anda termasuk hal terpenting menurut kebijakan, Usia Anda harus lebih dari delapan belas tahun (18+) untuk menggunakan Akun Google AdSense. Tapi masih banyak saja blogger yang masih mau mendaftar sedangkan usia saja belum mencukupi hal itulah yang sering membuat para blogger sering ditolak saat mendaftar tahap pertama atau tombol mendaftar adsense tidak dapat di klik.

7. Usia Situs
Untuk usia situs menurut kebanyakan orang yang berpengalaman di google adsense itu minimal harus 6 bulan, sebenarnya itu hanya berlaku untuk di negara dengan penduduk terpadat saja seperti Cina dan India, Tapi untuk di indonesia sendiri hal itu tidak berlaku asalkan blog Anda sudah memenuhi kriteria kebijakan.

8. Kelengkapan Situs
Kelengkapan situs ini adalah faktor pendukung untuk mendaftar google adsense. kelengkapan situs yang dimaksud adalah seperti Halaman About, Contact, Sitemap, Privacy, Disclaimer dan Term of Service. tidak hanya itu Anda juga harus membuat widget Populer post, Label, Artikel terkait, dan Menu Navigasi dan lain sebagainya.

9. Template Situs yang Rapi, Ringan, dan Responsive
Template blog sangat penting bagi kenyamanan pengunjung semakin menarik template Anda semakin banyak pula pengunjung yang berdatangan. Hal ini juga membuat situs Anda disukai oleh google dan memudahkan Anda dalam mendaftar Google AdSense. Anda tidak perlu memakai template bawaan blogger dengan auto read more saat mendaftar google adsense seperti yang disarankan kebanyakan orang. Meskipun begitu template Anda harus Responsive. Untuk mengetahui template Anda responsive atau tidak bisa mengunjungi situs ini AM I Responsive ?

10. Peraturan Google AdSense
Meskipun program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk Advertiser yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji anggota publisher program AdSense. Beberapa larangan Google yang harus ditaati publisher AdSense adalah:
  • Dilarang mengklik iklan disitus halaman blog sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus.
  • Dengan sengaja memaksa pengunjung untuk mengklik iklan yang ditampilkan, dengan kata-kata "klik iklan ini" atau "kunjungi halaman ini"
  • Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google.
  • Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME.
  • Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html situs web tanpa perubahan.
  • Publisher tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.
Itu saja yang dapat saya berikan dan semoga bermanfaat dan membantu Anda sebelum mendaftar Google AdSense. Sekian dulu artikel Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaftar Google AdSense dari saya. Jika Ada yang ingin ditanyakan atau memberi kritik dan saran silakan berkomentar.

114 Responses to "Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaftar Google AdSense"

  1. bagus nih misalnya kita mau mendaftar dan diterima di google adsense membantu sekali bagi para blogger yang ingin mendapatkan uang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan ini juga akan membantu blogger dalam sekali mendaftar AdSense.

      Delete
  2. wih izin bookmark gan :D sebelum ane daftar :D

    ReplyDelete
  3. wah,,, berarti blog ane belum cukup umur untuk di daftarin adsense,,, masih 4 bulan lagi,, tapi gpp ane coba dulu alternatif adsense,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk umur blog sendiri tidak begitu berpengaruh gan, kualitas dan banyaknya artikel yang mempengaruhi.

      Delete
  4. makasih gan sarannya, gw lagi pengen daftar Google adsense juga nih, tapi takut ditolak, mungkin artikel ini akan membantu saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung dan membaca artikel diblog ini :)

      Delete
  5. wah bagus infonya,,kalau misal beberapa blog dengan 1 email adsense bisa kan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja gan, tapi tergantung akun AdSensenya. Jika akun tersebut non hosted berarti bisa di semua web kecuali wordpress. sedangkan hosted hanya bisa di blogger dan youtube saja.

      Delete
  6. bermanfaat banget ni gan... wajib nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan asal mencoba saja gan AdSense itu bukan mainan sekali ditolak akan lebih sulit lagi untuk mendaftar yang kedua kalinya.

      Delete
  7. Replies
    1. Memang ribet gan tapi iklan dari AdSense ini sangat berkualitas dan tentu harga perkliknya pun tinggi.

      Delete
  8. waduh saya baru 16 th. pantesan waktu itu gax di terima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di AdSense itu tidak mengizinkan jika masih dibawah 18 tahun. jadi bersabar saja gan jika belum memenuhi persyaratan umur.

      Delete
  9. saya kurang setuju dengan nomor 2 6 dan 7.
    karena untuk berbagai percobaan saya, ternyata adsense berbaik hati dengan kebijakan nomor 2 6 dan 7.
    sebenarnya secara keseluruhan saya sangat setuju dengan artikel ini, namun bukan berarti saya tidak setuju dengan nomor yang saya sangkal, hanya saja terkadang mendaftar adsense itu memang butuh keberuntungan (hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nomor 2,6, dan 7 memang tidak begitu penting akan tetapi untuk memudahkan saat pendaftaran yang pertama kali maka saya sarankan hal itu wajib dilakukan jika tidak mau ditolak berkali-kali. Sekarang ini mendaftar google adsense sangatlah ketat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

      Delete
  10. Wah trimakasih gan, ane tmbah informasi lagi... Ngomong2 usiaku baru16 jadi mgkn bntar lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan. untuk usia yang belum mencukupi harap bersabar saja gan dan jangan melakukan mendaftaran terlebih dahulu dikarenakan jika sekali ditolak akan lebih susah lagi untuk diterima.

      Delete
  11. Izin bookmark gan , ntar kalo mau daftar tinggal baca ajaaja blog agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan gan dan terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  12. ane kemaren daftar, ditolak. mungkinkarena umur blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran dari saya sebaiknya jangan terlalu terburu-buru mendaftar google adsense gan, kelola saja dulu blog dengan baik jika sudah memungkinkan baru mendaftar.

      Delete
  13. kalo saya sih kurang umur nya atau post nya sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk umur yang belum mencukupi sabar saja gan dan untuk post harus diperbanyak supaya memudahkan pendaftaran.

      Delete
  14. Replies
    1. Memang susah gan tapi kalau sudah diterima, gak perlu repot-repot lagi cari uang buat beli kouta :D

      Delete
  15. makasih gan informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  16. oke siapa komandan ijin bookmark dolo yo (y)

    ReplyDelete
  17. sepertinya saya blom bisa masuk ke adsense deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum bisa harus rajin lagi ngeblognya gan supaya bisa mendaftar dan mendapatkan pemasukan.

      Delete
  18. Ane malah lagi nunggu google adsense mengapprove gan hehehe semoga aja diterima doain yah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya doakan deh gan semoga diterima dan mendapatkan banyak penghasilan. Amin :D

      Delete
  19. Replies
    1. Silakan gan semoga artikel ini bermanfaat :)

      Delete
  20. wah intinya sih emank musti ngikutin TOS Google sebelum daftar GA.. thanks info nya gan

    ReplyDelete
  21. mantap ni, buat referensi,, udh 4 kali sy di tolak GA..
    nyesek, jadi mau fokus artikel dulu ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah 4 kali ditolak semoga yang kelimanya diterima ya gan. thanks sudah berkunjung :)

      Delete
  22. Wah makasih banget infonya, jadi harus mikir dulu nih mau daftar google adsense :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus itu gan soalnya adsense tidak seperti ppc lain yang sekali daftar langsung masuk gitu aja.

      Delete
  23. wah kebetulan ane mau daftar adsense thanx

    ReplyDelete
  24. Replies
    1. Wah kalau itu sudah pasti gan. Google sangat tidak menyukai blog yang hanya mengejar keyword saja. tapi google sangat menyukai blog yang hanya mempunyai 1 atau 2 niche saja.

      Delete
  25. wah kebetulan gan. saya mau daftar adsense nih. mksh infonya gan

    ReplyDelete
  26. akhirnya ketemu juga gan :D
    mantap dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan atas pendapatnya dan thanks sudah berkunjung :)

      Delete
  27. Makasih gan tips nya :D sangat membantu buat ane yang mau dftar ke adsense :D

    ReplyDelete
  28. Nyoba gan, dari minggu lalu belum tembus juga, semoga tembus kali ini (y)

    ReplyDelete
  29. Replies
    1. Semoga semua usahanya membuahkan hasil ya gan hehe :)

      Delete
  30. bermanfaat banget tips nya gan.. sayang blog blum cukup umur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sabar ya gan, nanti juga bakalan bisa terus saja ngeblognya :)

      Delete
  31. Thx gan mau daftar nih CTRL + D dulu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan gan dibaca dulu dengan teliti sebelum mendaftar :D

      Delete
  32. Saya sudah diterima di adsense kok iklannya tidak muncul ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mendaftar AdSense itu ada 2 tahap yaitu :
      Tahap pertama, Dimana akun kamu sudah memenuhi persyaratan berupa visitor dan sumber penelurusan.
      Tahap kedua, Blog kamu akan direview, saat masa review lepas semua iklan dari PPC lain dan pasang iklan dari AdSense jangan sampai dilepas tunggu aja sampai ada pemberitahuan dari Tim Google AdSense.

      Delete
    2. Oh jadi begitu ya pantasan aja saya kira kode HTMLnya salah atau rusak, makasih gan.

      Delete
    3. Kodenya gak rusak gan memang seperti itu, jadi pasang aja.

      Delete
  33. Yoi sob, makasih banget..sangat bermanfaat nih.. thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob, semoga dapat membantu dan memudahkan dalam mendaftar AdSense.

      Delete
  34. biar full approve caranya gimana sih gan, ane udh daftar, tapi iklannya belum muncul :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk melanjutkan ke tahap kedua pasang saja iklan dari google meskipun iklannya tidak muncul. tapi harap lepas semua iklan dari PPC lain dan juga Pop up.
      pada masa review tersebut pastikan agar selalu update artikel dan jangan dilepas iklannya sampai ada pemberitahuan dari pihak tim google adsense

      Delete
  35. ohh usia sitenya harus 6 bulan ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan kalau mau memunculkan tombol mendaftar AdSense'nya.

      Delete
  36. membantu seklai, selama ini ane blm pernah berhasil daftar daftar adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum memenuhi kebijakan sebaiknya jangan dulu gan.

      Delete
  37. Waduh , berarti privacy police , Term of service dll nya penting ya ,, jadi tambah ilmu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu memang sangat penting gan untuk mengetahui aturan yang ada di web tersebut.

      Delete
  38. Wah Membantu Pemula seperti saya nih. saya juga kepengen banget ikutan GA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan, semoga dapat membantu dan bermanfaat tentunya :)

      Delete
  39. cukup ssh untuk dftr adsense --_-- mksh info nya gan

    ReplyDelete
  40. Wah tutorial nya bagus gan, sangat membantu...

    ReplyDelete
  41. yang pastinya jangan mengklik iklan sendiri klo udah ada GA nya, ntar di banned langsung gan.. #pengalaman hehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sangat disayangkan tuh padahal sudah diterima. tapi semoga jangan terulang lagi ya gan hehe :D

      Delete
  42. Replies
    1. Masih nunggu setahun lagi gan, terus aja ngeblognya gan :D

      Delete
  43. sering banget di lupakan, karena kebanyakan hanya pingin instan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal aturan itu sangat penting, jika diabaikan maka selalu di tolak saat mendaftar.

      Delete
  44. wah gitu, saya tadi pagi ditolak nih. makasih infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan terlalu terburu-buru dulu gan mendaftarnya, Lebih baik fokus saja dulu di artikelnya.

      Delete
  45. wajib dibaca nih untuk blogger newbie yang ingin memasang google adsense ^^

    ReplyDelete
  46. waw artikel yang bagus gan untuk para blogger

    ReplyDelete
  47. sangat bermanfaat infonya..terima kasih gan..

    ReplyDelete
  48. Thanks gan infonya :D Izin coba dulu :D

    ReplyDelete
  49. kalo pake domain TLD teman saya 1 bulan langsung diterima gan..

    ReplyDelete

PERATURAN KOMENTAR
✔ RELEVAN
✔ SOPAN
✖ LIVE LINK / LINK
✖ SPAM
✖ Out Of Topic
SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA